oleh

Sulit Konsentrasi

Konsentrasi dalam berpikir sangat diperlukan agar dalam mengerjakan aktivitas sehari-hari dapat maksimal. Saat seseorang tidak bisa berkonsentrasi maka akan sulit untuk berpikir jernih sehingga berisiko besar melakukan kesalahan dalam mengambil keputusan. Seseorang yang sulit berkonsentrasi biasanya akan mengalami gejala seperti :

  • tidak dapat mengingat hal yang terjadi beberapa waktu lalu
  • sulit duduk diam dan berpikir jernih
  • sering kehilangan barang dan sulit mengingat dimana meletakkannya
  • ketidakmampuan membuat keputusan
  • ketidakmampuan mengerjakan tugas yang rumit
  • tidak fokus dan kekerungan energi fisik atau mental untuk berkonsentrasi
  • membuat kesalahan ceroboh

Selain itu, gaya hidup tertentu seperti kurang tidur, kondisi lapar, gelisah, dan stres berlebihan juga bisa mengakibatkan seseorang sulit berkonsentrasi. Selain itu efek samping dari obat-obatan juga dapat menyebabka kesulitan konsentrasi.

hipnoterapi online

Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Untuk mengatasi kesulitan berkonsentrasi adalah dengan mencari penyebabnya. Jika sulit berkonsentrasi karena kondisi medis tertentu maka dokter akan melakukan pemeriksaan seperti tes darah untuk menentukan kadar hormaon, CR scan untuk melihat kelainan otak dan pemeriksaan EEG untuk mengukur aktivitas listrik di kulit kepala. Tapi, jika sulit berkonsentrasi karena kondisi psikologis anda disarankan untuk berkonsultasi dengan psikiater, psikolog atau terapis. Ahli-ahli ini akan membantu anda menyelesaikan masalah-masalah yang menjadi penyebab sulitnya berkonsentrasi.

Jika anda atau orang terdekat mengalami kesulitan berkonsentrasi yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

Tips Meningkatkan Konsentrasi

  1. Tidur cukup dan teratur, upayakan untuk tidur dengan cukup dengan waktu yang hampir sama setiap hari, jika perlu gunakan alarm untuk mengingatkan waktu tidur dan bangun.
  2. Fokus pada satu tugas dan batasi gadget, hindari mengerjakan sesuatu yang sulit secara bersamaan dan tetapkan waktu untuk mengakses internet dan menyentuh gadget.
  3. Luangkan waktu untuk beristirahat, jika sulit berkonsentrasi disebabkan oleh bosan maka selingi kesibukan dengan berjalan keluar selama 10 menit, atau mengonsumsi makanan dan minuman favorit.
  4. Mengonsumsi makanan yang sehat, pastikan anda memperoleh asupan makanan dengan nutrisi seimbang karena rasa lapar dan diet yang ketat akan mengganggu konsentrasi. Beberapa makanan yang dapat meningkatkan konsentrasi diantaranya jeruk, wortel, bayam dan sayuran hijau.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed