Panic Buying (Kepanikan Belanja) : Awas Kecemasan Berlebih!!!

Kepanikan Belanja/Panic Buying

Pernahkah anda mendengar istilah panic buying? Di masa pandemi ini terjadi fenomena kepanikan belanja pada barang-bareng tertentu seperti handsanitizer, masker, vitamin, susu tertentu, dan lain sebagainya, lalu apakah itu panic buying?

Panic buying atau bisa juga disebut sebagai kepanikan belanja, merupakan perilaku konsumen dalam membeli suatu produk dalam jumlah banyak dengan tujuan menghindari kekurangan barang tersebut dimasa mendatang. Fenomena ini hampir sama dengan penimbunan barang. Pelaku kepanikan belanja ini tidak menimbun barang untuk menjualnya kembali dengan selisih harga. Penimbunan barang dilakukan untuk menghindari kekurangan barang tersebut, terlebih barang yang banyak diperlukan oleh masyarakat.

hipnoterapi online

Pada periode awal pandemi Covid-19, terjadi panic buying produk-produk kesehatan seperti masker medis, handsanitizer, dan berbagai macam vitamin, adanya fenomena panic buying ini menyebabkan kelangkaan barang di pasar sehingga harga melambung tinggi. Fenomena ini kembali terjadi beberapa waktu belakangan. Vitamin dan susu dengan merk tertentu diburu oleh masyarakat karena adanya informasi bahwa produk tersebut dapat menangkal virus. Padahal informasi ini masih dipertanyaan ke-valid-an nya.

Panic buying ini erat kaitannya dengan kecemasan apalagi di masa pandemi ini. Masyarakat merasa takut dan cemas apabila tertular virus ditambah lagi banyaknya berita atau informasi hoax yang beredar mengenai covid-19 sehingga menyebabkan masyarakat semakin stress, dan cemas, hal ini mendorong masyarakat sebisa mungkin melindungi dirinya agar tidak tertular oleh virus,salah satu usahanya yaitu dengan membeli berbagai barang yang diperlukan untuk meminimalisir penularan virus. Rasa cemas, takut, atau rasa khawatir merupakan hal wajar, namun jika berlebihan akan sangat mengganggu bahkan dapat merugikan orang lain.

Apabila anda atau orang disekitar anda mengalami cemas berlebih, takut berlebih, gelisah atau rasa khawatir yang berlebihan, segeralah berkonsultasi. Anda dapar melakukan konsultasi dengan psikolog atau tenaga ahli yang bersangkutan untuk mendapatkan solusi yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara daring/jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

*Sumber
the asian parent dot com
jsp dot ui dot ac dot id

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed