Cyberbullying : Contoh Perilaku dan Dampaknya Bagi Korban

Cyberbullying merupakan perundungan, yang menggunakan teknologi digital, ini merupakah kejahatan yang dilakukan secara sengaja dalam bentuk fitnah, cemooh, pelecehan kata-kata kasar, hinaan, dll. Perundungan/bullying ini dianggap lebih berbahaya karena dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun.

Perilaku ini ditandai dengan tidak adanya kekerasan fisik dalam perundungan atau minim kontak fisik antara pelaku dan korban, selain itu perundungan dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, menggunakan jaringan komunikasi, atau media sosial secara global. Contoh perilaku cyberbullying seperti menyebarkan berita bohong atau memposting foto  memalukan seseorang di sosial media, mengirim pesan ancaman atau pesan yang menyakitkan melalui chatting/kolom komentar, dll.

hipnoterapi online

Dampak Cyberbullying

  1. Menarik diri dari lingkungan
    Korban cyberbullying akan cenderung mengalami kecemasan, dan rasa takut sehingga menyebabkan mereka menarik diri dari lingkungan sosialnya, terlebih apabila orang-orang disekitar korban mengetahui komentar-komentar atau kritikan jahat yang ditujukan kepada korban di internet sehingga masyarakat disekitarnya turut serta menyerang korban di kehidupan nyata nya.
  2. Terganggunya kesehatan fisik dan mental
    Perundungan yang dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan stress pada korban, apabila dibiarkan korban berpotensi mengalami kecemasan, hilangnya kepercayaan diri, PTSD bahkan depresi.
  3. Depresi, hingga keinginan untuk bunuh diri
    Korban perundungan seringkali merasa takut, sedih, terluka, marah, putus asa, tidak berdaya dan merasa terasingkan, jika kondisi ini terjadi secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang cukup lama korban berisiko mengalami depresi bahkan keinginan untuk mengakhiri hidupnya, hal ini terbukti dengan banyaknya kasus bunuh diri karena bullying.

Apabila anda menemui seseorang yang menjadi korban cyberbullying, berikan dukungan padanya untuk meringankan beban yang dipikul. Jika anda atau orang disekitar anda mengalami stress, gangguan kecemasan, depresi, gangguan pasca trauma, atau masalah psikologis yang lain, segeralah berkonsultasi dengan psikolog/psikiater/terapis untuk mendapatkan solusi yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

*Sumber
dsa law firm dot com
unicef dot org

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed