oleh

Malas Terus Menerus, Bagaimana Mengatasinya ?

Malas memiliki arti tidak mau bekerja atau tidak mau melakukan sesuatu, ini adalah hal yang wajar dan cukup sering dialami oleh manusia, namun apabila berlebihan dapat berakibat mengganggu aktivitas harian. Malas yang berkepanjangan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas, hipertensi, hingga diabetes.

Rasa malas dapat disebabkan oleh gaya hidup yang salah, bisa juga disebabkan oleh mal nutrisi, secara garis besar rasa malas dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

hipnoterapi online
  1. Tidak sarapan
    Apabila anda sering melewatkan waktu sarapan, maka rasa lapar akan muncul lebih besar pada saat jam makan siang, sehingga terdorong untuk mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat yang tinggi dan dalam jumlah besar, akibatnya kandungan gula dalam darah naik dan berdampak pada lambatnya kerja neuron orexin dalam hipotalamus otak yang befungsi agar tubuh tetap terjaga dan fokus, sehingga menyebabkan seseorang mengantuk dan malas melakukan kegiatannya.
  2. Makan sebelum tidur
    Mengkonsumsi makanan dan minuman manis atau berkarbohidrat tinggi sebelum tidur dapat berdampak buruk pada tubuh, masuknya gula akan membuat tubuh mengeluarkan hormon insulin, alhasil gula darah menjadi drop dan otak memerintahkan tubuh untuk memproduksi hormin yang membuat tidur menjadi tidak nyenyak, dan bangun dalam keadaan pegal-pegal, tidak segar dan malas.
  3. Diet yang salah
    Pola diet yang salah dapat menyebabkan tubuh kekurangan energi sehingga menyebabkan tubuh lemas, tidak energik , sehingga berdampak pada terhambatnya aktivitas harian.

Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasai rasa malas yang terus menerus muncul, diantaranya yaitu:

  1. Olahraga/aktivitas fisik
    Terdapat penelitian yang membuktikan bahwa melakukan aktivitas fisik atau olahraga akan membuat pikiran seseorang menjadi lebih fokus, sehingga seseorang akan merasa lebih bersemangat dan rasa malas perlahan menghilang.
  2. Meditasi
    Melakukan meditasi singkat dan rutin pada waktu tertentu akan membuat tubuh relaks dan lebih mudah bekonsentrasi, selain itu rasa tenang akan membuat tubuh mengelola perasaan dengan baik dan membuang rasa malas.
  3. Lawan Bosan
    Bosan dan rasa malas adalah dua hal yang berbeda, bosan berarti kondisi seseorang yang tidak tertarik melakukan kegiatan tertentu namun masih ada keinginan untuk melakukan kegiatan lainnya, saat mengalami bosan lakukanlah kegiatan lain yang menarik dan dapat mengembalikan semangat.
  4. Menekuni hobi
    Saat merasa bosan dengan aktivitas yang sama secara terus menerus, luangkan waktu sejenak untuk melakukan hobi anda atau aktivitas lain yang anda sukai, hal ini akan membuat anda merasa lebih hidup, bahagia, termotivasi dan anda dapat menikmati hidup.
  5. Istirahat yang cukup
    Apabila tubuh kelelahan maka rasa malas akan semakin menjadi-jadi, untuk itu setiap selesai suatu pekerjaan ambillah waktu istirahat sebentar, selain itu penuhilah waktu tidur anda agar tubuh tetap fit.
  6. Menikmati alam
    Penelitian membuktikan bahwa dengan menikmati alam dapat mengembalikan semangat serta membuat pikiran menjadi tenang dan lebih jernih.

Rasa malas yang berlebihan dan tejadi terus menerus juga dapat diatasi dengan melakukan hipnoterapi. Apabila anda atau orang terdekat mengalami malas yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

*Sumber :
alodokter dot com
kejar mimpi dot id
eprints dot uny dot ac dot id

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed