Fobia : Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Fobia?

Fobia merupakan salah satu wujud gangguan kecemasan, kondisi ini menyebabkan seseorang memiliki rasa takut yang berlebihan terhadap suatu hal yang sebenarnya tidak membahayakan. Ketakutan yang berlebihan ini dapat berakibat kecemasan, kepanikan yang parah, bahkan depresi. Rasa takut tersebut akan muncul ketika penderitanya berada pada kondisi tertentu atau melihat objek tertentu, sehingga mereka cenderung berusaha menghindari situasi atau objek tersebut.

Penyebab

Kondisi ini dapat disebabkan oleh genetik maupun lingkungan. Seseorang berpotensi lebih tinggi mengalami fobia jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat gangguan kecemasan. Selain itu, peristiwa traumatis seperti tenggelam, korban bullying, digigit hewan, dll. juga berpotensi menyebabkan munculnya ketakutan.

hipnoterapi online

Faktor Risiko

Ada beberapa hal yang dapat memicu fobia, diantaranya yaitu :

  1. Menderita gangguan mental (Misal; skizofrenia, depresi, OCD, gangguan panik, PTSD atau gangguan kecemasan umum)
  2. Seseorang yang memiliki hubungan kurang baik dengan orangtua/orangtua yang over protective
  3. Mengalami insiden yang menyebabkan trauma seperti tenggelam, turbulensi pesawat, jatuh, dll.
  4. Adanya anggota keluarga yang memiliki fobia tertentu
  5. Mengalami stress dalam jangka waktu yang panjang.
  6. Situasi lain yang meliputi cidera kepala, kecanduan alkohol/NAPZA

Gejala

Fobia ditandai dengan adanya rasa takut yang berlebih, namun tidak hanya itu saja, kondisi ini juga dapat berdampak pada kondisi fisik penderitanya. Gejala yang dapat muncul pada penderita diantaranya yaitu :

  1. Mengalami kebingungan
  2. Sakit kepala/pusing
  3. Sesak napas
  4. Jantung berdebar
  5. Nyeri dada
  6. Gemetar dan berkeringat
  7. Leher seperti tercekik
  8. Kesulitan berbicara dengan jelas
  9. Telinga berdenging
  10. Mulut terasa kering
  11. Selalu merasa ingin buang air kecil

Cara Mengatasi

Fobia dapat diatasi secara mandiri dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti mengkonsulsi makanan sehat, menghindari alkohol, kafein, fast food. Anda juga dapat melakukan relaksasi dengan latihan pernafasan, meditasi/yoga. Cara selanjutnya adalah visualisasi yaitu membayangkan hal-hal positif ketika mengalami situasi yang memicu fobia, anda juga dapat masuk dalam kelompok/komunitas dengan fobia yang sama untuk sharing.

Obat

Ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk menangani gejala yang muncul saat mengalami fobia, seperti obat pengikat serotonin (untuk meredakan kecemasan), penghambat beta (menangani gejala panik), dan obat untuk menangani gangguan kecemasan yang sudah parah. Penggunaan obat-obatan ini tentunya harus dengan resep dokter dan tetap dibawah pengawasan.

Terapi

Apabila anda memiliki fobia, anda bisa melakukan konseling dengan psikolog dan psikiater agar mendapatkan penanganan yang tepat. Kondisi ini dapat diatasi dengan psikoterapi yang meliputi terapi perilaku kognitif (CBT) dan terapi pemaparan. Anda juga dapat melakukan hipnoterapi untuk membantu mengatasinya. Hipnoterapi merupakan terapi alternatif atau terapi tambahan yang digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan salah satunya fobia. Terapi ini dinilai lebih efektif dalam membantu mengatasi permasalahan yang ada. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

*Sumber
alo dokter dot com
halo doc dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed