Frustasi adalah perasaan kecewa akibat terhalang dalam mencapai tujuan. Semakin penting tujuannya semakin besar frustasi yang akan dirasakan dan bisa menjurus ke stres. Kondisi ini bisa berasal dari dalam atau luar diri seseorang. Sumber dari dalam (internal) bisa seperti kekurangan dalam diri sendiri seperti tidak percaya diri dan takut pada situasi sosial yang menghalangi pencapaian tujuan. Sedangkan sumber dari luar (eksternal) mencakup kondisi-kondisi diluar dirinya seperti masalah pekerjaan, pasangan hidup, sosial dan ekonomi seseorang.

Frustasi merupakan kondisi yang berhubungan dengan stres dan putus asa yang terjadi akibat ketidak sesuaian antara harapan dan realita. Perasaan ini bisa disebabkan karena kegagalan yang berulang, masalah dalam pekerjaan, kondisi lingkungan tidak nyaman dan keinginan yang terlalu tinggi.

hipnoterapi online

Cara Mengatasi

Frustasi muncul berkaitan dengan kemampuan diri untuk menoleransi kegagalan dan keinginan yang tidak tercapai. Pengeloaan frustasi akan meningkat dan membaik seiring bertambahnya usia. Namin tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama untuk mengatasinya, berikut beberapa cara untuk mengatasi frustasi :

  1. Tenangkan diri, merupakan cara paling ampuh untuk mengurangi perasaan penyebab frustasi. Anda bisa menghela napas panjang dan hembuskan secara perlahan.
  2. Bercerita kepada orang lain, cara ini dapat dilakukan jika ada yang mengganggu pikirn  dan hal yang membuat anda kecewa. Dengan bercerita anda dapat berbagi perasaan dengan orang lain sehingga bisa meringankan beban.
  3. Berbicara pada diri sendiri, berbicara lantang dan meyakinkan diri bahwa semua akan baik-baik saja dapat membantu anda untuk mengelola perasaan.  Cara ini dapat membantu anda mendengar perasaan sendiri dan memberikan keyakinan bahwa anda bisa melaluinya.
  4. Jangan dikirkan terlalu lama, berusahalah untuk mengalihkan pikiran pada hal-hal yang positif. Pikirkan apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kegagalan, kemudian lakukanlah hal-hal yang bisa membuat anda bangkit kembali.
  5. Cari tahu penyebab, mencari tahu penyebab frustasi dan solusinya bisa membantu anda meringankan perasaan frustasi. Anda bisa membuat daftar sesuatu yang mengganggu pikiran anda, kemudian catat mana yang bisa diperbaiki dan diubah dengan pilihan solusi yang bisa anda tentukan.

Jika anda atau orang terdekat mengalami frustasi yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber :

alodokter dot com

wikipedia

 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed