oleh

Emosi Labil

Emosi labil adalah kondisi saat seseorang mudah berubah keadaan perasaan dan jiwanya, dari sedih berubah jadi marah, sering marah-marah karena suatu hal yang tidak jelas dan sikap serupa lainnya. Emosi labil biasanya terjadi ketika suasana hati berubah-ubah, biasanya terjadi saat masa remaja. Tapi jika emosi labil masih berlangsung sampai dewasa maka bisa saja anda mengalami gangguan kepribadian ambang atau BDP. Seseorang yang mengalami BDP biasanya akan mengalami masalah dalam aktivitas sehari-hari baik dalam menjadlin hungan dengan keluarga atau orang lain.

Seseorang yang memiliki kelainan kepribadian biasanya mengalami ganggguan pola pikir dan persepsi. Muncul perasaan takut diabaikan, sehingga penderita akan melakukan tindakan yang nekat dan ekstrem. Penderita BPD biasanya berperilaku impulsif, membahayakan diri sendiri, melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab dan cenderung ceroboh. Misalnya seperti melukai diri sendiri, melakukan upaya bunuh diri, melakukan hubungan intim di luar nikah, penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol. Namun, setiap penderita BPD memiliki gejala yang berbeda dan tidak semuanya memiliki emosi yang labil, tergantung pada tingkat keparahan, frekuensi gejal dan juga durasi gejalanya.

hipnoterapi online

Ciri-ciri Anak yang Memiliki Emosi Labil

  1. tidak memiliki tujuan hidup
  2. takut pada kekurangan, berpikiran bahwa makin kaya makin bahagia
  3. merasa dirinya paling benar, hebat, keran, pintar, cantik dan tampan
  4. berpikiran tertutup
  5. tidak mau disalahkan dan selalu menilai-nilai orang lain

Penyebab

  1. Faktor lingkungan, pengalaman atau perlakuan tidak menyenangkan yang pernah didapatkan di lingkungannya bisa menyebabkan kelainan kepribadian dan emosi yang labil.
  2. Faktor genetik, emosi labil bisa disebabkan pada kelainan pada otak, terutama pada area yang mengatur emosi dan impuls.

Cara Mengatasi 

Jika anda masih mengalami emosi labil di usia matang, cobalah untuk mempelajari emotional healing. Emosi yang tidak stabil jika dibiarkan akan mengganggu kesehatan anda. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan emotional healing sebagai berikut :

  1. Selaraskan emosi, anda perlu menyelaraskan emosi anda, tetap tenang berpikir jernih dan mencari solusi setiap masalah anda.
  2. Pengaruh ilusi, Ilusi merupakan pikiran negatif atau prasangka yang datang saat emosi kita sedang negatif. Buang ilusi anda, lampiaskan emosi pada tempatnya yang tidak merusak diri sendiri maupun orang lain.
  3. Tarik napas, gunakan teknik relaksasi, oksigen yang masuk akan merangsang peredaran darah hingga mengalir ke otak dan mengembalikan kesadaran. Ketika napas anda sudah teratur anda bisa langsung menyadari kekesalan dan mencari solusinya.
  4. Jangan malas gerak, lakukan kegiatan positif yang anda sukai. Jika anda hanya diam saja, ilusi atau prasangka negatif akan memendam di otak, jika dibiarkan terus akan menyebabkan stres dan sakit.
  5. Wajib percaya pada diri sendiri bahwa anda bisa memecahkan masalahnya.

Jika anda atau orang terdekat mengalami emosi labil yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed