oleh

Mudah Marah , Awas Tanda-Tanda Gangguan Mental

Marah menjadi hal yang sering dialami oleh manusia, bahkan beberapa orang memang berkepribadian pemarah, namun ada juga orang yang sebelumnya bisa saja namun tiba-tiba menjadi sering marah, hal ini bisa menjadi ciri terganggunya kesehatan mental seseorang.

Ada banyak hal yang memicu kemarahan seseorang seperti merasa tidak dianggap, kehilangan kesbaran, korban ketidakadilan, dan lain sebagainya. Marah memanglah hal yang wajar namun amarah yang sulit dikontrol dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Marah juga dapat menjadi tanda bahwa kesehatan mental seseorang sedang terganggu.

hipnoterapi online

Berikut ini beberapa gangguan kesehatan mental yang dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah marah, yaitu :

  1. Depresi
    Rasa marah yang disertai kesedihan, mudah tersinggung, kehilangan minat dalam berbagai hal, kehilangan harapan, dan kehilangan energi dapat menjadi gejala depresi, gejala-gejala tersebut muncul setidaknya selama 2 minggu.
  2. Obsesif kompulsif
    Obsesif kompulsif atau sering disebut sebagai OCD termasuk dalam gangguan kecemasan yang ditandai dengen pemikiran obsesif terhadap suatu hal atau lebih yang disertai adanya perilaku kompulsif . Seseorang yang mengalami gangguan ini memiliki keinginan untuk melakukan suatu hal secara berulang meskipun ia tidak menginginkannnya. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang dengan gangguan ini memiliki kebiasaan sering marah-marah dibandingkan dengan orang pada umumnya.
  3. Attention Deficir Hyperactivity Disorder (ADHD)
    Seseorang yang mengalami ADHD memiliki perilaku hiperaktif dan impulsif, mereka lebih mudah mengalami ledakan emosi hingga meluapkan kekesalan pada benda-benda disekitarnya seperti membanting barang-barang, membanting pintu, dll.
  4. Kecanduan alkohol
    Mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan agresifitas seseorang, apabila dikonsumdi berlebihan bahkan sampai kecanduan hal ini dapat menyebabkan seseorang kesuliran mengontrol amarahnya.
  5. Bipolar
    Individu yang mengalami gangguan bipolar memiliki kepribadian yang mudah berubah secara ekstrem, mereka bisa sangat aktif, ceria dan bicara cepat, namun dalam waktu singkat bisa depresi, dan berbagai gejala depresi lainnya termasuk menjadi mudah marah.
  6. Berduka
    Kehilangan seseorang yang dicintai atau kejadian traumatis lain dapat menjadi pemicu seseorang menjadi mudah marah.
  7. Intermittent explosive disorder
    Seseorang yang mengalami gangguan ini dengan mudah mengalami luapan kemarahan dalam waktu yang singkat kemudian seketika kembali normal, kemarahan yang muncul biasanya dipicu oleh hal-hal sepele sehingga penderita gangguan ini sering dianggap berlebihan dalam menyikapi suatu peristiwa.

Meskipun marah merupakan hal yang wajar namun jika anda atau orang disekitar anda mengalami kesulitan dalam mengontrol amarah sebaiknya segera konsultasi dengan psikolog atau terapis agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

*Sumber
klik dokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed