Psikolog, Psikiater dan Hipnoterapis, Apa Bedanya ?

Psikolog, Psikiater dan Hipnoterapis bagi orang awam mungkin akan dilihat sama, ketiganya dapat membantu seseorang yang memiliki gangguan kesehatan mental, namun pada dasarnya ketiganya sangat berbeda. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan pikiran manusia, sedangkan psikiatri merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang mempelajari kesehatan dan gangguan jiwa, hipnoterapi sendiri merupakan salah satu pengobatan alternatif yang menggunakan cara hipnosis yaitu mengolah alam bawah sadar manusia untuk mengatasi berbagai masalah seperti stress, gangguan kecemasan, depresi, PTSD, dll. lalu apa bedanya psikolog, psikiater dan hipnoterapis ?

Perbedaan Psikolog, Psikiater dan Hipnoterapis

Psikolog

Psikolog adalah orang yang mempelajari ilmu psikologi, psikolog memiliki gelar sarjana psikologi yang diperoleh dari kuliah ilmu psikologi selama kurang lebih 4 tahun. Psikolog dapat memberikan konseling, psikoterapi, psikotes, tes IQ, tes kepribadian, minat bakat dan penanganan non medis lain yang berkaitan dengan gangguan kesehatan mental, namun psikolog tidak boleh melakukan prosedur medis kepada pasien atau menuliskan resep obat.

hipnoterapi online

Psikiater

Psikiater dapat mengetahui segala hal mengenai diagnosis dan perawatan yang dapat dilakukan untuk kondisi psikologis pasien yang cenderunf rumit seperti skizofrenia, dan gangguan bipolar. Psikiater dapat melakukan diagnosis, pemeriksaan kejiwaan, dan memberikan terapi untuk membantu mengatasi masalah yang dialami pasien. Berbeda dengan psikolog, psikiater memiliki wewenang untuk memberikan resep dan terapi obat-obatan untuk pasien, terapi stimulasi otak, hingga pemeriksaan fisik & laboratorium yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Hipnoterapis

Hipnoterapis merupakan sebutan untuk seseorang yang melakukan hipnoterapi. Hipnoterapi biasanya diberikan sebagai terapi alternatif atau terapi tambahan untuk mengatasi berbagai masalah seperti stress, depresi, gangguan kecemasan, mengatasi kecanduan, mengatasi hambatan beraktivitas, PTSD, trauma, dan lain sebagainya. Hipnoterapi dinilai efektif dalam membantu mengatasi masalah karena hipnoterapi bekerja dengan mengolah alam bawah sadar manusia.

 

Itu dia perbedaan antara psikolog, psikiater dan hipnoterapis, jika anda atau orang disekitar anda mengalami masalah kesehtan mental segeralah berkonsultasi dengan psikolog/ psikiater/ hipnoterapis untuk mendapatkan solusi yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

*Sumber
Hello sehat dot com
alo dokter dot com
theta medika dot co dot id

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed