Claustrophobia merupakan ketakutan berlebihan terhadap ruang sempit dan tertutup dan merupakan phobia yang paling umum. Phobia ini ditandai dengan rasa panik, cemas, takut, atau gugup ketika berada dalam ruang sempit, tertutup dan sesak. Claustrophobia sering dikaitkan dengan trauma masa kecil seperti pernah dikurung di ruang sempit atau di bully. Phobia ini disebabkan oleh pengalaman tidak menyenangkan seperti pernah mengalami turbulensi saat naik pesawat atau pernah terjebak di terowongan atau gua sempit.

Penyebab 

hipnoterapi online

Claustrophobia disebabkan ketakutan tempat sempit seperti toilet umum, ruang ganti, gua, terowongan, pesawat, mobil kecil dan tempat pencucian mobil otomatis. Selain itu bisa juga saat berada di ruangan kecil tanpa jendela, berada di lift yang penuh sesak, saat menjalani pemeriksaan MRI atau CT scan, atau saat berada di tengah keramaian.

Gejala 

Gejala Claustrophobia bisa berupa takut, naik dan cemas serta gejala lain seperti :

  1. berkeringat, gemetar dan nyeri dada
  2. pusing dan mual
  3. mulut kering
  4. sulit bernapas
  5. detak jantung lebih cepat
  6. telinga berdengung
  7. menggigil atau merasa panas
  8. merasa seperti dinding di sekitar akan menghimpitnya
  9. keinginan buang air kecil yang tidak terkendali

Cara Mengatasi 

  1. Terapi Desensitisasi, atau terapi pemaparan diri adalah terapi dengan cara menempatkan penderita dalam situasi yang membuatnya takut. Hal ini bertujuan untuk membantu penderita melawan rasa takut. Terapi ini akan dilakukan dengan bertahap mulai dari memperlihatkan foto atau gambar yang menunjukkan tempat sempit. Jika penderita mulai terbiasa atau percaya diri, baru penderita bisa mencoba untuk berada di tempat sempit.
  2. Terapi Perilaku Kognitif, terapi ini bertujuan untuk mempelajari ketakutan dan bagaimana cara mengatasinya. Terapi dilakukan dengan cara mengeksplor pikiran, perasaan dan perilaku sehari-hari. Penderita juga akan belajar mengontrol dan mengubah pikiran negatif yang muncul pada situasi pemicu phobia.
  3. Obat-obatan, selain terapi dokter atau psikiater mungkin akan meresepkan obat antidepresan dan anticemas untuk mengurangi gejala panik dan cemas.

Jika anda mengalami gejala claustrophobia sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater, agar dapat ditangani sedini mungkin. Jika anda atau orang terdekat mengalami phobia ini, Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed