oleh

Tubuh Mudah Lelah

Tubuh mudah lelah biasanya menjadi suatu gejala penyakit yang umumnya ditandai dengan tidak adanya energi untuk beraktivitas dan bergerak sepanjang hari. Lelah dapat dikatakan sebagai suatu kondisi yang normal jika bisa diatasi dengan tidur dan istirahat. Tapi, jika lelah tak kunjung hilang meski telah tidur dan istirahat, kemungkinan kondisi ini adalah tanda adanya gangguan kesehatan. Beberapa penyakit yang dapat menjadi penyebab tubuh mudah lelah diantaranya :

  1. Anemia, kondisi ketika produksi sel darah merah menurun karena kekurangan zat besi.
  2. Gagal jantung, kondisi ketika jantung tidak dapat memompa darah dengan baik ke seluruh tubuh.
  3. Sindrom kelelahan kronis (myalgic encephalomyelitis) merupakan penyakit jangka panjang dengan salah satu gejala kelelahan yang ekstrem.
  4. Sleep apnea, gangguan tidur yang ditandai dengan mendengkur saat tidur dan merasa lelah ketika bangun.
  5. Penyakit tiroid dan diabetes.
  6. Gangguan mental, saat kondisi mental terganggua seperti depresi dan gangguan kecemasan, maka seseorang akan sering mudah lelah.
  7. Demam kelenjar, merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus.
  8. Sindrom kaki gelisah, kondisi yang membuat penderitanya selalu menggerakkan kaki terus menerus.
  9. Penyakit celiac, merupakan penyakit autoimun yang terjadi akibat konsumsi gluten.

Cara Mengatasi 

hipnoterapi online
  1. Mengonsumsi makanan bergizi, rasa lelah tidak hanya dapat diatasi dengan makanan yang mengenyangkan tapi juga dengan makanan yang bergizi seimbang dan mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Batasi konsumsi junk food dan makanan olahan, seperti makanan kaleng dan beku.
  2. Membatasi konsumsi kafein dan minuman beralkohol
  3. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh, dehidrasi bisa membuat tubuh lelah dan tidak bersemangat, cukupi cairan tubuh dengan minum air putih sekitar 8 gelas perhari.
  4. Mengelola stres dengan baik, stres dapat menguras energi lebih banyak, sehingga dapat menyebabkan susah tidur, daya tahan tubuh lemah dan kurang berenergi.
  5. Berolahraga secara rutin dapat meningkatkan metabolisme, memperbaiki suasana hati dan membuat tidur lebih nyenyak.
  6. Tidur yang cukup merupakan salah satu cara mengisi energi kembali. Cukupi kebutuhan tidur 8 jam setiap harinya agar tidak mudah merasa lelah.

Pengobatan

Jika anda sering mudah merasa lelah sebaiknya istirahatlah, tidur yang cukup,  dan konsumsi makanan yang bergizi. Jika anda merasa mudah lelah karena penyakit tertentu segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan segera. Namun, jika anda merasa mudah lelah karena stres, kecemasan, ketakutan dan kondisi lain yang serupa segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed