Kleptomania – Gangguan Kendali Impulsif

Kleptomania merupakan gangguan dimana penderitanya memiliki keinginan yang kuat dan sulit menahan diri untuk mencuri barang milik orang lain. Penderita biasanya mencuri di tempat umum, namun pada beberapa kasus, penderita juga mencuri dari teman-teman atau kerabat dekatnya.

Kleptomania termasuk dalam gangguan kendali impulsif yang menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan dalam mengendalikan emosi dan perilaku. Gangguan ini pada umumnya muncul di masa remaja, namun bisa juga berlanjut hingga dewasa.

hipnoterapi online

Perbedaan kleptomania dan pencuri terletak pada barang curiannya, pencuri cenderung mengambil barang-barang berharga milik oranglain  namun penderita gangguan ini biasanya mengambil barang-barang yang cenderung tidak berharga seperti pensil, jepit rambut, buku, atau pernak pernik lainnya. Berbeda dengan pencuri yang mencari keuntungan, penderita kleptomania sebenarnya tidak membutuhkan barang-barang yang mereka curi, penderita mencuri secara spontan tanpa perencanaan yang matang.

Gangguan ini ditandai dengan masalah pada pengendalian emosi dan perilaku, banyak dari penderita kleptomania yang merahasiakan masalah mentalnya karena mereka akan merasa khawatir dan takut apabila harus mendapatkan perawatan kesehatan mental atau apabila dilaporkan ke pihak berwajib. Apabila terus dibiarkan, penderita bisa mengalami gangguan mental yang lebih serius bahkan bisa berpikir untuk bunuh diri.

Belum diketahui secara pasti penyebab kleptomania, namun ada dugaan kleptomania terkait dengan gangguan pada senyawa kimia di otak, seperti :
1. Penurunan kadar  serotonin.
Serotonin yaitu senyawa kimia dalam otak yang memiliki fungsi mengatur emosi dan suasana hati.
2. Gangguan pelepasan dopamin.
Dopamin merupakan senyata kimia dalam otaj yang berfungsi menimbulkan rasa senang dan ketagihan.
3. Sistem Opioid yang tidak seimbang.
Sistem Opioid otak yang tidak seimbang akan menimbulkan keinginan untuk mencuri sulit ditahan.

Tidak ada obat bagi penderita kleptomania, namun tetap ada perawatan kesehatan mental dan obat-obatan atau psikoterapi yang dapat memutus keinginan kuat untuk mencuri. Apabila anda atau orang disekitar anda menderita kleptomania, beri penguatan untuk berubah, ajak mereka untuk berkonsultasi ke dokter atau melakukan terapi. Anda juga bisa memanfaatkan layanan hipnoterapi untuk membantu mencegah kleptomania yang berkepanjangan.  Anda juga bisa membuat janji dengan terapis di https://hipnoterapi.biz . Jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 komentar

News Feed