oleh

Takut Badut ? Mungkin Anda Mengalami Fobia ini

Coulrophobia merupakan fobia spesifik yang mengarah pada badut, penderita akan merasa panik, takut atau cemas ketika berasa dipertunjukan sirkus, karnaval, festival, atau di tempat hiburan lain yang terdapat badut didalamnya.

Fobia ini pada umumnya diderita oleh anak-anak, biasanya kondisi ini muncul pada rentang usia 4 hingga 5 tahun, namun tidak menutup kemungkinan bahwa fobia ini juga dapat terbawa hingga seseorang dewasa.

hipnoterapi online

Pada penderita coulrophobia, rasa takut yang dialami tidak hanya muncul ketika sedang menonton film atau video yang menyajikan badut menyeramkan saja, namun penderita juga mengalami ketakutan di kehidupan nyata apabila berhadapan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan badut.

Fobia dapat disebabkan oleh peristiwa traumatis dan menakutkan yang terjadi di masa lalu, dalam kasus fobia badut  ada beberapa hal yang mungkin menjadi pemicu munculnya fobia ini, seperti pengalaman menonton film mengenai badut yang menakutkan, mempercayai bahwa badut adalah sosok yang menyeramkan, mengalami peristiwa traumatis yang berkaitan dengan badut misalnya jatuh, kecelakaan, terpisah dengan orangtua saat melihat badut, dll.

Gejala yang dapat muncul pada penderita fobia ini yaitu rasa panik, mual, gelisah, telapak tangan berkeringat, gemetar, jantung berdebar-debar, mulut kering, sulit bernapas hingga muncul emosi dan keinginan untuk menangis atau berteriak saat melihat badut.

Fobia ini dapat diatasi dengan menggunakan cara sebagai berikut :

  1. Psikoterapi
    Psikoterapi menjadi alternatif pengobatan pertama bagi seseorang yang mengalami fobia atau ketakutan yang berlebihan pada badut. Ada 2 macam psikoterapi yang dapat dilakukan yaitu terapi eksposur dan terapi perilaku kognitif. Terapi eksposur dilakukan dengan menunjukkan gambar badut kepada pasien kemudian mendiskusikan perasaan atau emosi apa saja yang muncul saat melhat gambar tersebut, dengan cara ini terapis akan mencari cara untuk membantu mengatasi fobia ini. Sedangkan, terapi perilaku kognitif atau CBT berfokus pada perubahan pola pikir serta pola perilaku tertentu, dalam kasus fobia badut, terapi ini membantu mengubah cara berpikir pasien mengenai badut agar menjadi lebih positif.
  2. Obat
    Pada kasus tertentu terapi yang dilakukan dapat dibarengi dengan obat-obatan yang sudah diresepkan.

Jika anda atau orang terdekat mengalami coulrophobia yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

*Sumber
hello sehat dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed