Lama waktu tidur seseorang berbeda-beda, normalnya 7 sampai 8 jam. Jika anda merasa sering tidur hingga 9 sampai 10 jam bahkan lebih, maka itu sudah termasuk gangguan tidur akibat masalah kejiwaan. Kondisi kejiwaan seseorang mempengaruhi banyak aspek kesehatan, termasuk pola tidur. Beberapa kondisi kejiwaan bisa membuat anda terjaga semalaman dan sebaliknya tidur berlebihan dan selalu merasa letih sepanjang waktu. Kondisi ini biasa disebut dengan hipersomnia, kondisi seseorang yang selalu mengantuk di siang hari atau tidur terlalu lama. Orang dengan hipersomnia bisa tidur kapanpun dan dimanapun meski ia sedang beraktivitas.

Apa yang menyebabkan kondisi ini ?

hipnoterapi online

1. Depresi

Depresi dapat menyebabkan insomnia, hipersomnia atau keduanya. Penderita yang mengalami keduanya sekaligus cenderung mengalami depresi yang parah dan berkepanjangan.

2. Gangguan Bipolar

Gangguan bipolar ditandai dengan perubahan mood secara ekstrem. Seperti halnya depresi, gangguan mental ini dapat menyebabkan insomnia sekaligus hipersomnia. Bedanya, perubahan mood akan berpengaruh pada pola tidur seseorang.

3. Seasonal Affective Disorder

Seasonal affective disorder (SAD) adalah sejenis depresi yang dipicu oleh perubahan musim. SAD umumnya terjadi di negara empat musim. Gejala depresi biasanya mulai muncul pada akhir musim gugur dan mencapai puncaknya selama musim dingin. Begitu memasuki musim dingin, gangguan jiwa ini dapat membuat Anda merasa letih serta tidur berlebihan.

4. Skizofrenia

Insomnia dan hipersomnia adalah segelintir gangguan tidur yang sering ditemukan pada penderita skizofrenia. Gangguan tidur ini bisa muncul sebagai gejala, efek samping pengobatan, atau akibat masalah saraf yang dialami penderita.

5. Post-traumatic Stress Disorder (PTSD)

Tidur berlebihan biasanya muncul akibat faktor-faktor fisik dan psikologis yang membuat penderita PTSD mudah merasa lelah. Faktor tersebut diantaranya stres berkepanjangan, gejala depresi, rasa takut berlebih, menghadapi pemicu trauma, dan sebagainya.

Jika anda atau orang terdekat mengalami gejala diatas, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

 

konsultasi hipnoterapi