Suicidal thougt merupakan pikiran tentang bagaimana membunuh diri sendiri, dapat berupa rencana rinci ataupun pertimbangan sekilas. Dalam beberapa kasus, hal ini dapat bersifat sementara dan dapat ditangani. Tapi, dalam kasus lain, hal ini bisa mengantarkan seseorang untuk melakukan percobaan bahkan tindakan bunuh diri. Bunuh diri bisa berawal dari pemikiran bunuh diri atau suicidal thought yang muncul dalam bentuk keinginan pasif, reaksi emosional mapun rencanan yang sudah pasti.

Keinginan atau pemikiran untuk bunuh diri biasanya muncul ketika seseorang merasa tidak lagi mampu mengatasi situasi tertentu. Suicidal thought bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti depresi, stres, penyesalan, duka yang mendalam, ketidakberdayaan, atau kehilangan seseorang yang dicintai. Selain itu, beberapa penelitian menjelaskan bahwa faktor genetik juga memiliki keterkaitan dengan suicidal thought pada seseorang. Seseorang akan cenderung memiliki keinginan bunuh diri yang lebih besar jika ada salah satu keluarganya yang mempunyai riwayat bunuh diri.

hipnoterapi online

Gejala 

  1. timbul perasaan terjebak dan putus asa.
  2. mengalami kecemasan yang tinggi dan mempunyai mood yang berubah-ubah.
  3. terjadinya perubahan rutinitas dan pola tidur.
  4. mengonsumsi obat dan alokohol berlebih serta terlibat dalam perilaku beresiko.
  5. depresi dan memiliki serangan panik (panic attack).
  6. mengalami gangguan konsentrasi dan mengisolasi diri.
  7. banyak melakukan gerakan indikasi kecemasan, seperti mondar -mandir di sekitar ruangan, meremas tangan seseorang, dan tindakan seperi mengucapkan selamat tinggal kepada orang lain.
  8. sering membicarakan tentang bunuh diri.
  9. sering mengungkapkan penyelasan tentang hidup.

Cara Mencegah Munculnya Suicidal Thought

  1. mengikuti pengobatan rutin bagi seseorang yang mempunyai penyakit tertentu.
  2. menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang.
  3. mencoba untuk tetap terhubung dengan dunia luar dan bersosialisasi dengan teman-teman.
  4. melibatkan keluarga dalam setiap permasalahan, karena keluarga merupakan sumber dukungan yang paling utama.
  5. menjaga pola hidup sehat dan pola tidur yang teratur.

Pemikiran-pemikiran tentang keinginan bunuh diri memang tidak sepatutnya diabaikan. Pemikiran ini lahir karena hal-hal yang kompleks sehingga seseorang menganggap dirinya tidak berharga. Jika anda atau seseorang disekililing anda sedang dalam pemikiran ini, segeralah cari bantuan. Anda bisa mengajaknya berbicara atau merekomendasikan untuk segera berkonsultasi dengan psikolog, psikiater, terapis atau dokter.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : pijarpsikologi

konsultasi hipnoterapi

News Feed