oleh

Psikosis

Psikosis merupakan kondisi dimana penderita kesulitan membedakan kenyataan dan imajinasi. Gejala yang muncul bisa seperti delusi, waham atau halusinasi. Misalnya penerita akan merasa bahwa dirinya adalah agen rahasia namun nyatanya tidak atau mendengar seseorang berbicara padahal tidak.

Penyebab 

hipnoterapi online

Psikosis dapat muncul akibat kondisi seperti pola tidur yang buruk, mengonsumsi alkohol atau narkoba, dan mengalami trauma kehilangan seseorang. Gangguan ini bisa juga disebabkan oleh gangguan otak seperti penyakit parkinson, huntington, tumor atau kista otak, stroke, alzheimer, epilepsi dan infeksi yang menyerang otak. Psikosis bisa juga muncul sebagai gejala penyakit lain seperti skizofrenia, depresi berat dan gangguan bipolar.

Gejala

Gejala utama psikosis adalah sebagai berikut :

  1. delusi merupakan kondisi dimana seseorang berkeyakinan kuat terhadap sesuatu yang tidak nyata, seperti meyakini bahwa dirinya memiliki penyakit mematikan padahal secara medis dirinya sehat.
  2. halusinasi merupakan kondisi dimana seseorang mendengar, melihat, merasakan atau mencium yang tidak ada atau tidak dialami orang lain.

Selain itu gejala lain yang mungkin muncul seperti sulit berkonsentrasi, memiliki gangguan tidur, gelisah, merasa curiga, gangguan interaksi, bicara melantur, merasakan dorongan untuk bunuh diri dan depresi.

Cara Mengatasi 

Pengobatan psikosis berbeda-beda sesuai penyebabnya, untuk mengatasinya psikiater akan memberikan beberapa cara sebagai berikut :

  1. Pemberian obat-obatan, dokter akan merekomendasikan obat golongan antipsikotik.
  2. Psikoterapi, terapi yang biasa digunakan adalah cognitive behavioral therapy (CBT), terapi dorongan dari orang dekat dan mencari komunitas penyakit. CBT atau terapi perilaku kognitif merupakan bentuk psikoterapi yang mengarahkan penderita untuk mengerti dan memahami kondisinya, tujuannya agar penderita dapat mengendalikan gejala yang ada. Selain itu dorongan dari keluarga atau orang terdekat dapat membantu penderita mengeluhkan kondisinya sehingga dapat menumbuhkan semangat mengendalikan gejala. Penderita psikosis juga bisa mencari pemahaman tentang kondisinya dengan bergabung dalam komunitas yang anggotanya memiliki masalah serupa.

Pencegahan 

Risiko terjadinya psikosis dapat dikurangi dengan upaya pencegahan pemicu gangguan seperti tidak mengonsumsi alkohol atau narkoba, menghindari stres dan depresi, serta melakukan latihan-latihan relaksasi.

Jika anda atau orang terdekat anda mengalami gejala psikosis, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed