Pejamkan mata, sebutkan 5 orang yang kamu cintai/sayangi. Buka kembali mata anda ingat baik-baik siapa saja yang anda sayangi, orangtua, saudara, sahabat, pasangan, dll. dari ke-5 orang tersebut apakah anda menyebut diri anda sendiri ? apakah anda sudah mencintai diri sendiri ?

Sebelum mencintai oranglain, alangkah lebih baik jika kita mencintai diri kita terlebih dahulu, dengan mencintai diri sendiri akan membuat seseorang lebih mudah dalam menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri tanpa merasa tinggi hati, anda juga dapat melepaskan beban sosial sehingga mampu memahami diri dan lebih mensyukuri kehidupan. Mencintai diri sendiri akan membuat anda lebih sehat, baik secara fisik maupun secara mental. Kesehatan fisik dan mental ini menjadi modal untuk mendapatkan hidup yang lebih tentram, aman, nyaman dan bahagia.

hipnoterapi online

Self love atau mencintai diri sendiri akan mengurangi risiko berbagai macam gangguan kesehatan mental dimasa mendatang seperti stress, depresi, gangguan kecemasan, dll. dengan mencintai diri sendiri seseorang akan lebih kuat dalam menghadapi berbagai kesulitan dalam hidup, lebih percaya diri dalam mengejar mimpi sehingga dapat memperoleh kehidupan yang lebih baik untuk hari ini dan seterusnya.

Memiliki hubungan yang baik dengan diri sendiri akan membantu untuk memiliki hubungan yang baik pula dengan orang lain. Mencintai diri sendiri berarti memenuhi kebutuhan diri sendiri dan tidak mengorbankan kesejahteraan diri sendiri untuk menyenangkan orang lain, termasuk memprioritaskan diri sendiri, percaya diri, tidak membohongi diri sendiri, bersikap baik pada diri sendiri, menerima diri sendiri serta memaafkan diri sendiri.

Sayangnya masih banyak orang yang belum sadar untuk mencintai dirinya sendiri, kurangnya rasa cinta pada diri sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti sikap orang lain disekitar kita, adanya peristiwa traumatis dalam hidup, kurangnya role model atau contoh dalam melakukan self love, atau karena cara berpikir yang negatif. Ada beberapa perilaku negatif yang dapat memicu kurangnya self love seperti aktivitas seksual yang terlalu dini, gangguan makan, self harm atau menyakiti diri sendiri dan penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan terlarang.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mencintai diri sendiri, diantaranya yaitu :

  1. Menjadi diri sendiri
    Kejujuran akan diri sendiri merupakan bagian dari keaslian, dirimu yang sebenarnya, indah, mengasyikan, tanpa mencoba menjadi berbeda atau menjadi orang lain. Hidup sebagai diri sendiri mungkin akan terasa tidak nyaman dan membutuhkan keberanian untuk menghadapi reaksi dari orang lain yang mungkin tidak dapat menerima siapa dirimu. Jangan takut menjadi diri sendiri dan beranilah berjalan di jalanmu sendiri.
  2. Meditasi
    Saat merasa banyak tekanan atau pikiran tak menentu dalam hidup, cobalah untuk melakukan meditasi, tutup mata anda dan kelola nafas dengan tenang, dengan meditasi anda dapat menenangkan pikiran serta mendukung kesehatan anda.
  3. Penuhi kebutuhan diri
    Bersahabat dengan diri sendiri dapat dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan fisik, mental dan rohani. Hal-hal yang dapat dilakukan yaitu olahraga, tidur cukup, makan makanan sehat, dll.
  4. Menerima diri sendiri
    Mulailah untuk menerima diri sendiri apa adanya dengan segala kekurangan dan kelebihan, anda juga dapat berdiskusi dengan orang lain yang mendukung anda.
  5. Bergaul dengan orang yang positif
    Perlu diketahui bahwa energi positif maupun negatif dapat menular, nah sangat penting untuk bergaul bersama orang-orang dengan energi positif, hal ini akan membuat seseorang bahagia dan terbiasa menjalankan aktivitas yag positif.
  6. Hindari berita negatif
    Sumber berita saat ini seringkali menjerumuskan masyarakat pada pikiran yang negatif, melihat atau membaca berita mengenai kejahatan, kekerasan, kebencian, dan berita negatif lainnya akan membuat diri kita merasa terbebani, takut sehingga membuat pikiran menjadi tidak sehat.
  7. Luangkan waktu tanpa gadget
    Istirahat sejenak dari gadget yang selama ini menguras pikiran karena kerjaan atau media sosial, anda dapat memanfaatkan waktu tanpa gadget ini untuk berdiskusi degan teman, membuat kerajinan, atau aktifitas lain yang meyenangkan.
  8. Sediakan waktu untuk diri sendiri
    Meskipun sibuk, cobalah luangkan waktu untuk diri sendiri, anda dapat membaca bukum berolahraga, menggunakan masker wajah, mendengarkan musik, makan sesuatu yang disukai, atau hal-hal lainnya yang dapat dilakukan untuk mencintai diri sendiri.
  9. Sampaikan isi hati
    Ketika merasa sedih, marah, kecewa, sebisa mungkin jangan ditahan, luapkan isi hati dengan menulis, atau berbicara pada diri sendiri.
  10. Bersih-bersih
    Lingkungan yang bersih akan membuat seseorang lebih bersemangat, membersihkan rumah atau kamar merupakan salah satu cara sederhana mencintai diri sendiri yang sering diabaikan, anda juga dapat menata ulang kamar atau ruangan sesuai kehendak, agar menambah semangat dan mengurangi kecemasan dan stress.

Jika anda merasa kesulitan dalam mencintai diri sendiri, merasa kurang motivasi dalam hidup, sulit fokus, mudah minder dan berbagai masalah lainnya anda dapat berkonsultasi dengan terapis untuk mendapatkan solusi yang terpat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

*Sumber
hello sehat dot com
id dot the asian parent dot com
yayasan pulih dot org

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed