oleh

Kecanduan Game Online

Game online memang bisa menjadi alternatif pilihan untuk menghilangkan kebosanan. Namun ketika terlalu berlebihan bisa menyebabkan kecanduan sehingga dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental anda. Ciri-ciri jika anda sudah kecanduan dengan game online diantaranya :

  1. merasa resah ketiak jauh dari game
  2. memikirkan video game favorit terus menerus
  3. merasa ingin menghabiskan waktu dengan bermain game
  4. tidak ingin melakukan aktivitas lain selain bermain game
  5. tidak bisa berhenti atau mengurangi jam bermain game
  6. muncul masalah di sekolah, di tempat kerja, dan rumah akibat bermain game
  7. berbohong dengan orang lain tentang lamanya waktu yang dihabiskan untuk bermain game
  8. bermain game sebagai pengalihan suasana hati yang sedang tidak baik

Bahaya Kecanduan Bermain Game 

hipnoterapi online
  1. Nyeri otot, bermain video game berjam-jam tanpa jeda dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri otot.
  2. Kekurangan vitamin D, jika anda menghabiskan waktu berjam-jam di dalam ruangan anda bisa saja kekurangan vitamin D karena tidak terkena sinar matahari.
  3. Perubahan fisik, terlalu lama bermain game juga bisa menyebabkan perubahan fisik seperti obesitas, kulit pucat, postur tubuh kurang baik, dan lingkaran hitam di area mata atau mata panda.
  4. Kekurangan tidur, jika anda sudah kecanduan game maka anda akan mengalami kekurangan tidur dan kualitas tidur pun juga menurun.

Cara Mengatasi 

  1. Buat jadwal main video game yang ketat, anda bisa membagi waktu antara bermain game dan mengerjakan aktivitas harian ada. Biasakan untuk membatasi waktu dalam bermain game, anda bisa menuliskan dalam sebuah catatan sebagai pengingat.
  2. Letakkan smartphone dan konsol di luar kamar. Orang-orang yang hobi bermain game akan cenderung meletakkan smartphone dan konsolnya di kamar tidur. Untuk mengatasi kecanduan, cobalah letakkan smartphone dan konsol jauh dari kamar, ini sangat efektif untuk mengurangi waktu anda bermain game.
  3. Sibukkan diri, melakukan hobi lain anda dan berolahraga dapat menjadi cara mengatasi kecanduan game yang efektif.
  4. Bersosialisasi, bergabung dengan teman dan keluarga dalam aktivitas sehari-hari dapat mengurangi kecanduan game yang anda alami. Anda dapat membebaskan diri dari game online dengan berinterksi dengan orang-orang di kehidupan nyata.
  5. Mengeksplor bakat di dunia nyata, mulai gaya hidup baru untuk mengeksplorasi bakat anda. Mencari kebiasaan dan gaya hidup baru yang anda sukai dapat membantu anda melepaskan diri dari belenggu game online.
  6. Minta bantuan keluarga dan teman, dengan meminta bantuan mereka anda mungkin akan mendapatkan saran dan pandangan baru untuk melepaskan diri dari kecanduan game online. Dengan begitu anda dapat menjalin hubungan yang dekat dengan keluarga, pasangan dan teman dekat.

Selain cara diatas anda dapat mengatasi kecanduan game online dengan melakukan terapi. Jika anda atau orang terdekat mengalami kecanduan game online yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed