Workaholic – Kecanduan Kerja, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Workaholic sering disebut sebagai kecanduan kerja, kondisi ini dikaitkan dengan perilaku obsesif kompulsif disorder atau OCD. Sama dengan kecanduan yang lain, kecanduan kerja merupakan ketidakmampuan seseorang untuk menghentikan perilaku tersebut. Kecanduan kerja seringkali dipicu oleh kesuksesan pekerjaan, pada umumnya kondisi ini terjadi pada mereka yang berjiwa perfeksionis.

Individu yang mengalami kecanduan kerja memiliki kemungkinan terlibat dalam pekerjaan yang kompulsif untuk menghindari aspek lain dalam hidupnya, aspek lain ini meliputi masalah emosional atau masalah pribadi yang mengganggu. Penderita kecanduan kerja mungkin tidak menyadari bahwa dirinya terlibat dalam perilaku tersebut dan tidak menyadari mengenai dampak negatif yang ditimbulkan dari kecanduannya.

hipnoterapi online

Workaholic disebabkan gangguan kesehatan mental yang terjadi secara bersamaan, seperti bipolar atau gangguan obsesif kompulsif. Apabila dibiarkan, kecanduan ini juga dapat menyebabkan gangguan mental lain yang lebih serius seperti depresi.

Adapun gejala gangguan kerja yang dapat muncul, meliputi :

  1. Menghabiskan banyak waktu dikantor meskipun pada saat tidak diperlukan atau diluar jam kerja.
  2. Kurang istirahat atau kurang tidur akibat mengerjakan proyek/tugas.
  3. Memiliki obsesi dengan kesuksesan yang berkaitan dengan pekerjaan.
  4. Merasa sangat takut gagal ditempat kerja.
  5. Mengabaikan hubungan pribadi karena sibuk dengan pekerjaan.
  6. Paranoid ketika kinerjanya dirasa kurang maksimal.
  7. Bersikap defensif pada orang lain tentang pekerjaan mereka.
  8. Bekerja untuk membantu mengatasi stress, depresi atau perasaan bersalah.
  9. Bekerja untuk menghindari masalah.

Mengatasi individu kecanduan kerja akan berbeda dengan individu kecanduan narkoba. meskipun demikian ada kemungkinan pada tahap awal penyembuhan, pasien memerlukan program rehabilitasi rawat inap maupun rawat jalan untuk mengelola perilaku tersebut.

Jika anda atau orang terdekat mengalami workaholic atau kecanduan kerja yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat dalam mengatasi kecanduan kerja. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

*sumber
halo doc dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed