oleh

Kecanduan Nonton Drakor ? Begini Cara Mengatasinya

Drama korea cukup populer di Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Masyarakat sering menyebut drama korea dengan sebutan drakor. Drakor merupakan salah satu seni drama televisi di korea dengan format miniseri, jika di Indonesia drakor hampir sama dengan sinetron namun dengan jumlah episode yang lebih singkat dan lebih serius digarap.

Drakor banyak disukai oleh semua kalangan, baik wanita maupun pria, mulai dari remaja, dewasa hingga lanjut usia. Drakor memiliki daya tarik sendiri dibandingkan film atau sinetron pada umumnya, alur cerita yang menarik dan pemain drama yang tampan dan cantik menjadi salah satu daya tariknya.

hipnoterapi online

Di era globalisasi ini, memudahkan manusia untuk menonton atgau mengakses apapun termasuk drama korea, saat ini masyarakat dapat menonton drakor melalui situs film di internet, streaming dan bahkan beberapa televisi swasta di Indonesia mulai menayangkan drakor yang sudah di-alih bahasa-kan agar lebih mudah dipahami.

Sayangnya banyak dari masyarakat yang rela menonton drama korea selama berjam-jam, mereka dapat menonton 3-5 episode sekaligus dalam sehari padahal satu episodenya rata-rata ber-durasi satu jam, bahkan ada beberapa orang yang menyelesaikan satu drama dalam satu hari, rata-rata jumlah episode drakor berkisar antar 16-20 episode, kondisi ini sering disebut juga sebagai marathon drama korea. Alasan mereka melakukan marathon karena rasa penasaran pada alur cerita drama sehingga mereka rela menghabiskan waktu  untuk menyelesaikan drama yang ditonton.

Menghabiskan banyak waktu untuk menonton drakor tentunya memiliki dampak pada manusia, hal ini dapat menyebabkan kurangnya waktu tidur/istirahat, tertundanya beberapa tugas atau pekerjaan, seseorang menjadi tidak produktif dan tidak bersemangat, bahkan ada beberapa orang yang terlalu baper (bawa perasaan) sehingga emosi di kehidupan nyata juga terganggu .

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi kecanduan drama korea, pertama bulatkan tekad untuk mulai berubah, sadari dampak kecanduan drama korea pada kehidupan. Hindari mencari informasi mengenai drakor, usahakan untuk tidak mencari drama terbaru/menarik. Selanjutnya, alihkan perhatian dengan melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat daripada menonton drakor. Batasi waktu menonton drakor secara bertahap dan harus konsisten.

Apabila anda atau orang disekitar anda mengalami kecanduan drakor yang berlebihan dan mempengaruhi kehidupannya, segeralah untuk berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

*Sumber
repository dot radenintan dot ac dot id
klik dokter dot com
jawaracorpo dot com

 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed