oleh

Phantom Vibration Syndrome Mengintai Pengguna Smartphone

Phantom Vibration Syndrome merupakan kondisi dimana seseorang merasakan telepon genggam bergetar atau berdering padahal kenyataannya tidak, hal ini dapat dikatakan sebagai halusinasi akibat terlalu lama menggunakan telepon genggam.

Sebuah penelitian menemukan adanya perubahan tingkah laku manusia akibat penggunakan telepon genggam atau smartphone. Perubahan yang terjadi yaitu merasakan getaran dari telepon dan sedikit kedutan pada otot, atau merasakan adanya oergerakan pada akaian yang dapat diinterpretasikan sebagai getaran dari telepon tersebut. Sebanyak 9 dari 10 orang mengalami phantom vibration syndrome saat menyimpan teleponnya di saku.

hipnoterapi online

Apabila dibiarkan, syndrome ini akan berdampak kurang baik bagi kesehatan manusia, baik fisik maupun mental. Kebiasaan menggunakan telepon genggam menjadikan seseorang terbiasa menunggu atau menerima sensasi getaran, baik ketika ada telepon masuk, pesan masuk, maupun informasi aplikasi lainnya, hal ini akan membuat pengguna telepon bisa mengalami salah interpretasi.

Hal yang wajar apabila manusia terobsesi terhadap sesuatum termasuk menggunakan telepon, mengecek notifikasi telepon dan lain sebagainya, namun, jika syndrome ini terjadi berkepanjangan tentunya akan menghambat aktivitas bukan?

Phantom Vibration Syndrome dapat diatasi dengan melakukan Terapi perilaku kognitif dan Farmakoterapi. Terapi perilaku kognitif dilakukan untuk menimbulkan perasaan, pikiran dan perilaku yang lebih positif pada diri penderita. Melalui terapi perilaku kognitif, diharapkan dapat membantu membatasi penggunaan telepon genggam secara berlebihan dan mengarahkan penderita untuk melakukan hal-hal lain yang lebih produktif. Terapi perilaku kognitif dapat dikombinasikan bersama penggunaan obat-obatan (farmakoterapi) yang sudah diresepkan. penggunaannya disesuaikan dengan tingkat keparahan pasien.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan agar seseorang tidak kecanduan atau tifak menggunakan telepon genggam secara berlebihan. Cobalah berinteraksi dengan orang lain secara langung, lakukan aktivitas – aktivitas diluar ruangan seperti berwisata, atau olahraga. Apabila anda merasa bosan, jangan buru-buru mengambil telepon genggam, cobalah pelajari hal-hal baru yang menarik bagi anda, atau anda juga bisa mengikuti komunitas-komunitas tertentu yang sesuai minat. Pembuatan aturan penggunaan telepon genggam dirumah juga disa dilakukan, anda juga dapat mematikan notifikasi dari telepon gengam kecuali yang berkaitan dengan hal-hal penting.

Jika anda atau orang terdekat mengalami Phantom Vibration Syndrome yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed