oleh

Cara mengendalikan emosi atau mengontrol emosi

Apa itu Emosi?

Pengertian Emosi

hipnoterapi online

Menurut William Kames (dalam Wegde, 1995), emosi adalah kecenderungan untuk memiliki perasaan yang khas bila kita berhadapan dengan objek tertentu dalam lingkungannya. Sedangkan menurut Crow & Crow (1962) mengartikan emosi sebagai suatu keadaan yang bergejolak pada diri individu yang berfungsi sebagai inner adjustment (penyesuaian dari dalam) terhadap lingkungan untuk mencapai kesejahteraan dan keselamatan hidup.

Pada kesehariannya, seseorang selalu dilingkupi oleh emosi positif (rasa senang, suka dan gembira) dan emosi negatif (sedih, kecewa, benci dan takut). Tiada orang yang akan selalu dilingkupi oleh emosi positif saja maupun emosi negatif saja.

Bila anda memiliki permasalahan berkaitan dengan emosi, hal yang paling utama sebelum melakukan terapi emosi adalah memahami apa itu emosi.

Ternyata sebagian besar masyarakat mengenali bahwa emosi adalah marah. Padahal, emosi ialah suatu ungkapan perasaan. Maka bentuk emosi bukan hanya marah, ada juga bahagia, sedih, kecewa, gembira, senang, takut, dan lain sebagainya. Kata kata emosi negatif sering kali muncul dalam keseharian kita tanpa kita kontrol.

Gangguan emosi yang ditangani dalam terapi emosi ialah saat kadar emosi yang terluapkan tersebut melebihi kadar batasan normal dan sulit dikontrol.

Misal, anda bersedih karena kehilangan seseorang yang anda cintai. Bagi sebagian orang misalkan butuh waktu tiga hari saja lalu kemudian sedih tersebut reda, namun bagi anda membutuhkan waktu berminggu minggu atau bahkan berbulan bulan, dan anda sudah berupaya menghentikan gangguan emosi tersebut namun tidak membuahkan hasil.

Terapi emosi mengatasi hal tersebut sehingga anda bisa kembali merasakan dan memiliki kemampuan untuk mengontrolnya. Sedih itu tetap ada namun pada batasan yang bisa ditolelir dan juga bisa anda atur kapan sedih ini reda dan muncul.

Dampak Gangguan Emosi terhadap Fisik

Tahukah anda bahwa kondisi psikologis kita bisa mempengaruhi kondisi tubuh atau fisik kita ?

Begini, bila anda sedang dalam emosi tertekan dan anda mengalami gejala stress tentu saja bisa berakibat keluarnya hormon tertentu dan asam lambung meningkat.

Pada kadar tertentu itu adalah kewajaran, namun apa yang terjadi bila kondisi emosi tertekan ini berlangsung berbulan bulan dan asam lambung yang tinggi berkumpul secara berlebihan ? tentu saja bisa mengganggu kesehatan fisik anda. Bisa berakibat pada sakit maag dan lainnya.

Karena itu, mungkin sebelumnya anda menganggap remeh pentingnya mengatasi gangguan emosi, tapi sekarang anda sudah tahu dampaknya jika membiarkan gangguan emosi tidak segera ditangani dengan terapi emosi.

Anda tentu sudah semakin cerdas memilih hal terbaik untuk kesehatan mental dan fisik anda. Karena, apapun yang anda cari dan kumpulkan tidak akan berarti bila anda sendiri tidak bisa menikmatinya bukan ? perhatikanlah kondisi emosi anda.

Terapi Emosi VS Obat

Sebagian orang mendatangi psikiater untuk menangani gangguan emosi mereka. Anda akan mendapatkan solusi instant berupa obat yang mengarah pada kecanduan.

Anda bisa memahami juga bahwa obat obat tersebut memiliki kandungan zat kimia tertentu yang bisa memicu atau menghentikan suatu hormon dan kerja fungsi organ serta sistem syaraf dalam tubuh. Usai mengkonsumsi mungkin anda bisa merasakan efek langsungnya, namun itu bukan lah solusi yang nyata melainkan ketenangan sesaat. Karena kebanyakan menjadi pecandu obat tersebut.

Selain mengeluarkan biaya yang besar dan terus menerus, mengkonsumsi obat ini pun bisa berbahaya bagi jantung dan ginjal anda sendiri.

Karena itu, anda yang berpikir jauh ke depan lebih memilih mengatasi gangguan emosi dengan terapi emosi yang bisa mengatasi permasalah emosional hingga ke akar masalahnya dan menemukan solusi yang tepat untuk kesembuhan jangka panjang.

Terapi Emosi dengan Hipnoterapi

Untuk mengatasi masalah emosi berupa rasa marah yang tidak terkontrol, depresi atau rasa takut yang berlebihan, Anda bisa melakukan Hypnotheraphy. Terapi ini merupakan terapi yang menggunakan hipnosis untuk memfasilitasi perubahan.

Hipnosis sendiri adalah keadaan alami ketika tubuh dalam kondisi rileks total atau fokus total dengan keadaan kesadaran pikiran meningkat lebih tinggi dari biasanya.

Dapatkan Layanan Terapi Berkualitas Yang Kami Kemas dalam Terapi Klinis Hipnoterapi, NLP, EFT, TFT, TRE dan Mesmerism Ditambah Gratis Konsultasi Psikologis.

www.hipnoterapi.id

(*dari berbagai sumber)

konsultasi hipnoterapi

News Feed