oleh

Posesif – Penyebab, Tanda-Tanda dan Cara Mengatasinya

 

Kondisi ini juga merupakan salah satu tanda bahwa hubungan yang anda jalani merupakan hubungan yang tidak sehat, ada banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi posesif seperti merasa nyaman saat memegang kendali, terlalu bergantung secara berlebihan pada pasangan, memiliki ketakutan tersembunyi, hingga kurangnya rasa percaya pada pasangan.

hipnoterapi online

Ada beberapa tanda yang muncul pada individu posesif, diantaranya yaitu :

  1. Selalu mengawasi
    Individu yang posesif akan selalu mengawasi pasangannya atau kerabatnya, mereka akan terus menghubungi dan menanyakan lokasi dan dengan siapa orang tersebut pergi, bahkan mereka juga mengawasi sosial media yang miliki.
  2. Mengatur pergaulan
    Seseorang yang posesif akan cenderung mengontrol kehidupan orang lain baik itu pasangan, teman maupun keluarga. Mereka akan melarang orang lain untuk bergaul dengan orang-orang tertentum hal ini dilakukan karena rasa cemburu yang dirasakan. Bahkan tak jarang individu yang posesif akan menjauhkan anda dari teman-teman yang lain, atau keluarga dengan alasan anda terlalu banyak menghabiskan waktu dengan orang-orang tersebut.
  3. Mengkritik pasangan
    Apabila anda memiliki pasangan, teman, keluarga yang selalu mengkritik dan menentang pendapat anda, ini menjadi salah satu ciri bahwa ia adalah pribadi yang posesif dan ingin mengontrol diri anda. Kritikan-kritikan yang muncul dapat berupa kritikan sederhana namun konstan seperti cara berpakaian, cara makan, cara berbicara, dll.
  4. Mencari kesalahan pasangan
    Individu yang ingin mengontrol kehidupan anda akan cenderung mencoba membuat anda merasa bersalah dan mencari kesalahan anda apabila perilaku yang anda tunjukkan tidak sesuai keinginannya. Orang yang posesif pandai dalam memanipulasi pasangannya, ia akan membuat pasangannya terus menerus merasa bersalah mereka juga akan membuat seolah-olah pasangannnya memiliki hutang padanya.
  5. Emosi tidak stabil
    Tanda lain seseorang yang posesif adalah emosinya yang tidak stabil, biasanya mereka akan mudah marah apabila anda melakukan sesuatu yang tidak sesuai, bahkan mereka tidak ragu untuk memberi ancaman seperti ingin bunuh diri, atau menggunakan kekerasan fisik.
  6. Cemburu berlebihan
    Cemburu merupakan hal yang wajar terjadi namun jika rasa cemburu berlebihan akan membuat orang lain menjadi tidak nyaman, bagi seseorang yang posesif rasa cemburu dapat berubah menjadi sesuatu yang menyeramkan.

Apabila anda memiliki pasangan yang posesif cobalah komunikasikan secara baik-baik dengannya, jika hal tersebut tudak memberi dampak positif mintalah bantuan orang lain untuk mengkomunikasikannya. Tidak mudah untuk bebas dari pasangan yang posesif, namun hak ini perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, hangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk membantu mengurangi beban pikiran anda.

Apabila anda adalah sosok yang posesif cobalah untuk menghilangkan sifat tersebut dengan memberi rasa percaya pada orang lain, jangan selalu menuruti emosi, carilah cara untuk membantu menenangkan diri, cobalah menyelami masa lalu, mungkin ada peristiwa di masa lalu yang menyebablan anda menjadi posesif.

Jika anda atau orang terdekat memiliki sifat posesif yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

*Sumber
sehat q dot com
hello sehat dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed