oleh

Merasa Tidak Berharga ? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Merasa tidak berharga menjadi perasaan yang sering dialami oleh manusia, perasaan ini akan membuat seseorang kehilangan motivasi untuk melakukan sesuatu karena dipikirannya apapun yang ia lakukan akan terlihat sia-sia. Pada saat perasaan ini muncul, seseorang akan merasa tidak berdaya dan sedih, untuk itu penting bagi penderita mengetahui cara mengelola emosi negatif ini.

Terdapat beberapa faktor yang dapat memicu seseorang merasa dirinya tidak berhargam diantaranya yaitu :

hipnoterapi online
  1. Trauma
    Seseorang merasa harga dirinya rendah atau tidak berharga bisa disebabkan oleh trauma masa kecilnya. Dampak dari pengalaman buruk yang dialami di masa kanak-kanak seperti kekerasan fisik, kekerasan verbal, pelecehan seksual, dll dapat terbawa hingga dewasa. Sebuah penelitian menemukan bahwa trauma masa kecil yang dialami seseorang akan memicu munculnya perasaan tidak berharga ketika dewasa.
  2. Kritikan negatif
    kritikan negatif yang berasal dari orang-orang disekitar dapat membuat harga diri seseorang rapuh, terlebih apabila kritikan disampaikan didepan umum sehingga seseorang akan merasa dipermalukan.
  3. Menyalahkan diri
    Menyalahkan diri sendiri pada setiap masalah dapat menyebabkan seseotang depresi dan memunculkan perasaan tak berharga.
  4. Stress
    Stress yang berlebihan dan tak terkendalai dapat membuat seseorang kehilangan persepsi mengenai dirinya sendiri, apabila stress tidak dikelola dengan baik maka dapat memicu munculnya perasaan tidak berharga.
  5. Gejala gangguan mental
    Gangguan kesehatan mental seperti depresi akan membuat seseorang sering menunjukkan perasaan sedih, bersalah, bahkan merasa bahwa dirinya tidak berharga, gejala umum dari depresi ini dapat mengganggu aktivitas seseorang.

Mengatasi perasaan tidak berharga dimulai dari diri sendiri, jangan biarkan emosi negatif membuat anda jadi kehilangan semangat terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perasaan tidak berharga. Pertama, hindarilah berpikir negatif mengenai diri sendiri, kebanyak orang yang mengalami perasaan tidak berharga sering melakukan negative self talk, saat pikiran-pikiran negatif itu muncul cobalah untuk merubahnya menjadi positif. Kedua, menolong orang lain, ketika anda merasa bahwa diri anda tidak berharga cobalah melakukan kebaikan dengan menolong orang lain, hal ini dapat memunculkan rasa bahagia dan dapat memberikan tujuan hidup sehingga membantu mengurangi perasaan tidak berharga.

Ketiga, bersyukur. Selalu bersyukur atas segala hal yang terjadi akan mengurangi munculnya perasaan tidak berharga, berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain dan lebih banyak bersyukur. Anda juga dapat menulis buku harian, dan hal-hal kecil yang anda syukuri setiap harinya. Keempat, kunjungi psikolog atau tenaga ahli. Merasa tidak berharga dapat diakibatjab oleh gangguan kesehatan mental, anda dapat menemui psikolog atau psikiater untuk melakukan konsultasi masalah yang dirasa sudah sangat mengganggu.

Jika anda atau orang terdekat merasa tidak berharga yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

*Sumber
Sehat q dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed