Cara Mengatasi Depresi dengan Mencintai Diri Sendiri

Depresi dapat berawal dari peristiwa buruk yang sedang atau sudah terjadi dalam hidup seperti pengalaman traumatis, kegagalan, kekerasan, kehilangan orang yang dicintai atau kondisi kesehatan yang buruk. Tapi, tidak setiap orang yang memiliki pengalaman buruk mengalami depresi.

Orang dengan depresi meyakini bahwa dirinya payah dan tidak berguna, sehingga wajar bila ia disalahkan, dibenci, dihakimi dan disakiti. Orang dengan depresi juga berpikir bahwa hidupnya penuh penderitaan. Ia tidak memiliki tempat yang aman dan nyaman sehingga merasa pantas untuk “lari” dalam kehidupan. Apabila cara berpikir negatif terus dipertahankan, maka berujung pada ruminasi. Ruminasi merupakan kecenderungan  untuk terus memikirkan pengalaman buruk yang menyakitkan di masa lalu.

hipnoterapi online

Ketika seseorang terjebak dalam ruminasi, ia akan menyesali serta menyalahi diri sendiri atas pengalaman yang sudah terjadi. Hingga akhirnya, muncul emosi negatif yang kuat dalam diri. Emosi negatif yang muncul seperti sedih, marah, benci, frustrasi, serta sepi.  Kondisi pikiran dan emosi negatif dapat berujung pada perilaku yang negatif pula, yaitu mencaci atau menyakiti diri sendiri.

Atasi Depresi dengan Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri  dikenal dengan self compassion, sebuah cara positif dan sehat untuk berhubungan dengan diri sendiri di kala menghadapi momen penderitaan dalam hidup.  Self compassion dapat menjadi kekuatan untuk merawat dan memulihkan diri dari depresi. Self compassion ini dibagai dalam tiga hal yaitu :

1. Mindfulness

Mindfulness melatih kita untuk menerima setiap pikiran dan perasaan menyakitkan dengan penuh kesadaran, tanpa mengabaikan atau melebih-lebihkan. Mindfulness dapat mencegah terjadinya ruminasi serta menguatkan kemampuan diri untuk berhadapan dengan segala pikiran atau perasaan negatif yang tiba-tiba hadir.

2. Common humanity

Common humanitymelatih untuk menghadapi pandangan negatif terhadap kehidupan. Melalui common humanity, kita menyadari bahwa kegagalan atau penderitaan wajar dialami oleh setiap manusia. Kita dapat melihat pengalaman tersebut dengan sudut pandang yang lebih luas dan positif.

3. Self kindness

Self kindness adalah sebuah kebaikan yang diberikan kepada diri sendiri dengan penuh kehangatan dan penerimaan tanpa syarat. Melalui self kindness, kita melindungi diri dari tumbuhnya akar depresi seperti menyalahkan atau membenci diri sendiri. Alih-alih menyalahkan atau membenci diri sendiri, kita berlatih untuk memberi pengertian dan kasih sayang terhadap diri sendiri.

 

Pulih dari depresi bukan proses yang instan. Melindungi diri untuk terbebas dari depresi pun bukan proses yang mudah. Karena sesunggunya, kita tidak bisa bebas dari hal-hal negatif dalam kehidupan ini. Mulailah mencintai diri sendiri dengan sepenuh hati.

Jika anda atau orang terdekat mengalami depresi, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER : pijarpsikologi dot org

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed