Self Acceptance : Menerima Diri Sendiri Tanpa Syarat

Apa Itu Self Acceptance

Self acceptance merupakan penerimaan diri, ini menjadi sikap positif individu dalam menghargai dirinya sendiri, menerima segala kekurangan dan kelebihan diri sendiri, mengetahui kemampuan diri, kelemahan, tidak menyalahkan diri sendiri maupun oran lain serta berusaha sebaik mungkin agar dapat berubah menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya.

Ketika mempraktikkan self acceptance, anda akan menerima diri sendiri dengan sepenuh hati baik itu sisi baik maupun buruk, tanpa syarat dan tanpa pengecualian. Mempraktikkan self acceptance akan membantu mengurangi kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau rasa insecure karena hanya diri sendiri lah yang mengetahui kekurangan, kelebihan, kemampuan serta apa yang terjadi pada diri sendiri.

hipnoterapi online

Bagaimana mempraktikkan self acceptance ?

  1. Tetapkan niat dan tujuan
    Segala sesuatu harus diawali dengan niat, dengan adanya niat yang baik maka akan berdampak pada cara berpikir. Adanya niat dan tujuan yang baik anda akan menyadari bahwa pikiran-pikiran negatif, kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain tidak akan membuat hidup anda lebih baik.
  2. Kenali kelebihan diri sendiri
    Banyak orang yang tidak menyadari apa kelebihan dirinya sendiri padahal setiap manusia pastinya memiliki kelebihan. Coba renungkan hal apa saja yang membuat anda bertahan hingga saat ini, tulislah hal-hal sederhanasecara umum kemudian gali lebih dalam mengenai diri anda.
  3. Pahami orang-orang di sekitar
    Orang-orang di sekitar kita memberikan pengaruh pada diri kita. Kenali-lah mereka yang membuat anda merasa rendah diri, kemudian sebisa mungkin jauhkan diri anda dari orang-orang yang memberi dampak negatid, sebaliknya carilah orang-orang yang selalu memberi dukungan pada anda, baik dalam bentuk pujian maupun kritik yang membangun.
  4. Memaafkan diri sendiri
    Terlalu fokus pada kesalahan dan penyesalan hanya akan mempersulit menjalankan self acceptance, maafkanlah diri anda dan bangkitlah.
  5. Redam kritikan
    Tanpa sadar, kritikus paling keras adalah diri kita sendiri, memang kita perlu menyadari kesalahan namun kritik yang terlalu jahat pada diri sendiri hanya akan menyulitkan untuk menerima diri, redam lah kritikan berlebihan terhadap diri sendiri.
  6. Menerima kegagalan
    terimalah kegagalan dengan lapang dada, jadikan hal tersebut sebagai pelajaran, selanjutnya lanjutkan hidup dengan menjadi diri sendiri yang lebih baik.
  7. Berbuat baik
    Berbuat baik kepada orang lain akan membuat hati anda tenang, ini juga dapat membantu anda untuk menerima bahwa anda masih berguna bagi orang lain.
  8. Sadarilah bahwa self acceptance merupakan jalan untuk maju, bukan untuk berhenti.

Apabila anda atau orang disekitar anda mengalami kesulitan menerima diri sendiri, mengalami trauma, stress, kecemasan berlebihan dan gangguan lainnya, segeralah berkonsultasi dengan psikolog/psikiater/terapis untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

*Sumber:
Sehat q dot com
bkpp dot demakkab dot go dot id

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed