oleh

Apa itu Akrofobia ?

Akrofobia merupakan perasaan takut dengan tempat yang tinggi seperti tangga, pesawat terbang, lift, roller coaster balkon dan sebagainya. Akrofobia bisa terjadi karena trauma kecelakaan seperi jatuh dari tempat yang tinggi. Penderita akan merasakan gejala seperti sesak napas, gelisah, dan pusing jika berapa di tempat yang tinggi.

Gejala 

hipnoterapi online

Penderita akrofobia biasanya akan merasakan ketakutan, kecemasan, dan panik yang tidak bisa dikontrol saat berada dalam ketinggian. Reaksi yang mengikutinya dapat berupa gemetaran, dada berdebar, pusing, keringat dingin, sesak hingga pingsan. Penderita fobia akan merasa tajut, cemas dan terkena serangan panik bahkan saat hanya membayangkannya saja.

Cara Mengatasi 

  1. Terapi Paparan, dalam terapi ini terapis akan membantu penderita untuk membuka diri secara perlahan terhadap ketakutannya. Terapi ini akan dimulain dengan melihat gambar dari sudut pandang seseorang dalam gedung yang tinggi. Selanjutnya penderita akan melakukan terapi dengan menonton video orang yang melintasi tali, mendaki, atau melintasi tempat tinggi lainnya. Tahap terakhir penderita akan diajak terapis untuk berdiri di balkon sambil belajar teknik relaksasi untuk mengatasi ketakutan.
  2. Terapi Perilaku, terapi perilaku kognitif merupakan psikoterapi yang paling banyak dilakukan untuk mengatasi fobia. Terapi ini akan membantu mengidentifikasi dan mengubah pikiran serta reaksi negatif terhadap situasi yang menyebabkan fobia. Penderita akan dibantu terapis untuk mengalihkan perasaan takut dan mengatasi gejala yang muncul.
  3. Obat Penenang, jenis obat yang diberikan biasanya adalah obat antidepresan dan obat pereda cemas, obat ini akan membantu penderita mengatasi fobia dengan lebih tenag dan mengatasi kecemasan ketika gejala muncul.

Jika anda atau orang terdekat mengalami fobia ketinggian yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber :

wikipedia

alodokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed