Bagaimana Cara Mengatasi Psikosomatis ?

Psikosomatis berasal dari kata psiko yang artinya psikis dan somatis yang artinya tubuh. Psikosomatis menunjukkan adanya hubungan antara psikis atau jiwa dan badan. Gangguan psikosomatis merupakan penyakit fisik yang diakibatkan oleh tekanan-tekanan emosional psikologis yang berlebihan dalam mereaksi emosi.

Keluhan penderita psikosomatis sangat beragam seperti nyeri di bagian tubuh tertentu, pegal-pegal, kembung, mual, muntah, bersendawa, kesemutan, kulit terasa gatal, sakit kepala, rasa nyeri pada bagian dada, tulang belakang dan punggung, sesak nafas, jantung berdebar-debar, telapak tangan berkeringat, tremor, diare, migrain, hipertensi, asam lambung, dll.

hipnoterapi online

Penderita psikosomatis yakini bahwa sakitnya berasal dari oran dalam tubuh, biasanya pasien akan datang ke dokter dengan keluhan-keluhan fisik tertentu namun tidak ditemukan penyakit atau diagnosis tertentu, untuk itu pada pasien psikosomatis perlu ditanyakan faktor-faktor tertentu seperti bagaimana kehidupan sosial ekonominya, hubungan perkawinan, riwayat penyakit, faktor psikologis, dll. Apabila mengalami stress, kecemasan, atau kekhawatiran lainnya segera untuk konsultasi ke psikolog atau ceritakan pada orang-orang yang selalu mendukung anda.

Orang dengan gangguan psikosomatis akan cenderung merasa khawatir berlebih meskipun keluhannya tergolong ringan, keluhan psikosomatis biasanya akan muncul ketika seseorang sedang tertekan atau saat beban pikiran meningkat, pola munculnya keluhan fisik ini biasanya dipicu oleh stress dan seringkali terjadi secara berulang-ulang.

Mengatasi psikosomatis tidak hanya fokus pada gejala fisik yang muncul saja namun juga harus mengobati kondisi psikis atau mental yang menjadi penyebab munculnya keluhan fisik pada pasien, oleh karena itu setelah keluhan fisik ditangani, pasien akan dirujuk untuk ke psikiater agar dapat diperiksa lebih lanjut keadaan psikologisnya, penanganan yang bisa dilakukan yaitu psikoterapi berupa terapi perilaku kognitif dan hipnoterapi, Jika anda atau orang terdekat mengalami prikosomatis yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

 

 

*sumber
alodokter dot com
digilib dot uinsby dot ac dot id

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed