oleh

Agoraphobia – Rasa Takut Berada di Keramaian, Atasi Dengan Cara Ini

Agoraphobia berarti takut akan tempat terbuka atau tempat umum. Agoraphobia merupakan salah satu gangguan kecemasan dan ketakutan yang berlebih terhadap situasi atau tempat yang sulit untuk melarikan diri atau tidak ada bantuan. Ada beberapa tempat yang memicu seseorang mengalami phobia ini, seperti jembatan, transportasi umum, pasar, mall, dll. Pendertia akan merasa malu, terjebak dan tidak berdaya ketika berada di tempat ramai tersebut.

Apabila mereka berada di keramaian, mereka akan mengalami panik, malu, cemas, hal ini membuat penderita ingin terus berada dirumah atau di dalam ruangan, dan apabila mereka harus pergi ke suatu tempat, mereka akan meminta orang lain yang dipercayai untuk menemaninya.

hipnoterapi online

Hingga saat ini belum dapat diketahui secara pasti penyebab dari agoraphobia, namun terdapat adanya pengaruh faktor genetik dan lingkungan, selain itu seseorang yang mengalami gangguan cemas atau panik berisiko lebih tinggi mengalami agoraphobia.

Penderita agoraphobia ditandau dengan rasa takut menghabiskan waktu sendirian, mereka merasa tidak berdaya, berasa terisolasi dari orang lain dan menjadi ketergantungan dengan orang lain, selain itu mereka takut berada di tempat umum, tempat ternuka, maupun tempat yang kemungkinan melarikan diri kecil seperti lift atau transportasi umum.

Penderita agoraphobia juga mengalami gejala yang hampir sama dengan serangan panik, mereka merasakan nyeri di dada, jantung berdebar lebih cepat, pusing, gemetar, sesak napad, berkeringat, perut terasa tidak nyaman, mual, diare, tersedak bahkan menggigil.

Phobia ini bisa diatasi dengan psikoterapi dan dibantu obat-obatan. Penderita dianjutkan untuk berkonsultasi dengan ahli agar mendapatkan penanganan yang tepat, penderita juga dapat mengubah pola hidupnya seperti melakukan meditasi untuk membuat diri tetap tenang, mencoba menghindari situasi yang membuatnya takut, hindari konsumsi narkotika dan alkohol, menjaga pola hidup sehat dan melakukan psikoterapi serta mengkonsumsi ibat yang telah diresepkan.

Merasa khawatir atau takut akan sesuatu merupakan hal yang wajar, namun ketika rasa khawatir tersebut berlebihan dan mengganggu aktivitas, sadarilah dan segera atasi agar tidak berkelanjutan. Jika anda atau orang terdekat mengalami agoraphobia yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

*Sumber
klik dokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed