Aerophobia – Jangan Diabaikan, Segera Atasi Dengan Cara Ini

Aerophobia merupakan kondisi seseorang mengalami ketakutan terbang menggunakan pesawat. Phobia ini tentunya sangat merepotkan terlebih bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi. Aerophobia menyebabkan penderitanya takut untuk menggunakan transportasi udara seperti pesawat, helikopter, atau balon udara.

Phobia ini ditandai dengan serangan panik hingga stress saat menunggu jadwal keberangkatan pesawat. Penderita aerophobia cenderung merasa cemas sebelum penerbangannya sehingga penderita akan menghindari liburan atau perjalanan melalui transportasi udara.

hipnoterapi online

Penderita aerophobia biasanya juga memiliki phobia yang lain seperti phobia ruang sempit tertutup, dan phobia ruangan terbuka yang lapang. Sebenarnya fobia terjadi akibat adanya rasa cemas yang berlebihan terhadap sesuatu, pada aerophobia, rasa cemas berlebih dapat dipicu oleh beberapa hal seperti takut ketinggian, takut berada didekat orang asing, takut terhadap terorisme, dan juga takur berada di tempat umum atau tempat yang terlalu ramai.

Selain merasa cemas berlebih, phobia ini juga menimbulkan beberapa gejala fisik seperti, sakit kepala, nyeri perut, keringat dingin, jantung berdebar-debar, sulit berkonsentrasi, hingga sesak napas. Gejala ini biasanya terjadi saat seseorang melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara, khususnya pada saat pesawat lepas landas.

Aerophobia dapat diatasi menggunakan cara-cara berikut ini :

  1. Terapi kognitif
    Melalui terapi kognitif, psikiater akan menggali mengenai  keluhan apa saja yang dialami penderita dan berusaha mengetahui penyebab penderita mengalami aerophobia. Apabila sudah diketahui penyebabnya, maka psikiater dan penderita secara bersama-sama mendiskusikan ketakutan irasional yang dialami dan berusaha mencari jalan keluarnya.
  2. Terapi desensitisasi
    Terapi ini dilakukan dengan cara memberikan rangsangan pada penderita yang menyebabkan ketakutannya muncul sedikit demi sedikit. Penderita akan dilatih untuk menghadapi ketakutan-ketakutannya secara berulang dan bertahap hingga tidak merasakan takut lagi. Selanjutnya penderita akan dihadapkan pada situasi yang nyata, di tahap ini penderita disarankan mrlakukan terapi relaksasi dengan mengatur pernapasan saat berada dalam situasi yang menakutkan.
  3. Obat anti cemas
    Obat ini bisa dikonsumsi apabila diperlukan, meskipun obat tidak terlalu bermanfaat untuk mengatasi phobia ini, namun obat dapat meredakan keluhan yang terjadi dalam jangka pendek. Pastikan obat yang dikonsumsi sesuai dengan yang diresepkan.

Jika anda atau orang terdekat mengalami aerophobia yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

*Sumber
halodoc dot com
klik dokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed