Jaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19

Selama pandemi banyak aktifitas dan rutinitas sehari-hari yang berubah. Semua aktifitas berubah dilakukan dari rumah, baik bekerja, sekolah, kuliah dan sebagainya. Banyak yang merasa bosan, sedih, tertekan, bingung atau marah, dan perubahan emosi lain selama pandemi covid 19 . Namun kita tetap harus berusaha untuk menjaga pikiran tetap jernih demi menjaga kesehatan mental kita. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan mental kita agar tetap baik ? Berikut beberapa tips menghadapi stress dan menjaga kesehatan mental selama pandemi covid 19:

  1. Melakukan aktivitas fisik, melakukan olahraga ringan, seperti lari kecil, lompat, bersepeda, dan yoga, dapat dilakukan selama aktivitas di rumah. Dengan aktivitas fisik, tubuh akan memproduksi hormon endorfin yang dapat mengurangi stress, rasa khawatir dan memperbaiki mood. Selain itu pelatihan peregangan pernapasan juga dapat membantu menenangkan dan merilekskan tubuh. Ditambah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk meningkatkan sistem imun.
  2. Mengonsumsi makanan bergizi,  mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral dan serat akan menjaga imunitas tubuh tetap baik. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh, asupan nutrisi yang cukup juga dapat menjaga kesehatan mental kita, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  3. Membuat rutinitas baru, selama di rumah melakukan aktivitas yang disukai selain meningkatkan produktivitas juga dapat menghilangkan rasa jenuh dan mengurangi stress.
  4. Bijak memilah informasi, untuk mengurangui rasa cemas batasi waktu untuk menonton, mendengar, dan membaca berita mengenai pandemi. Meski begitu, bukan berarti menutup sepenuhnya dari informasi penting, pandailah untuk memilah informasi secara kritis dan bijak.
  5. Menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat, meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan rekan kerja walaupun secara virtual dapat membantu mengurangi rasa cemas dan jenuh. Dengan saling berkomunikasi dan bercerita dapat mengurangi tekanan yang dirasakan.
  6. Menghentikan kebiasan negatif, cobalah untuk mengurangi dan menghentikan kebiasaan negatif yang tidak baik untuk kesehatan dan imun tubuh seperti meroko atau konsumsi minuman beralkohol. Dua kebiasaan ini dapat mengganggu kesehatan baik secara fisik maupun mental.

Jika anda atau orang terdekat mengalami gangguan seperti stres, cemas, depresi atau gangguan kejiwaan lainnya, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed