Hypomania – Pengertian, Gejala dan Cara Mengatasinya

Hypomania merupakan gangguan suasana hati yang menyebabkan seseorang menjadi lebih aktif dan bersemangat lebih dari biasanya, namun tiba-tiba menjadi murung seperti depresi, gangguan ini sering dikaitkan dengan gangguan bipolar.

Secara umum, gejala yang muncul pada hypomania yaitu kurang tidur namun tetap memiliki semangat dan bertenaga, serta tubuh lebih aktif dari biasanya selama beberapa hari. Penderita gangguan ini seringkali tidak menyadari bahwa dirinya mengalami hypomania, namun orang-orang disekitarnya akan menyadari hal ini. Hypomania ditandai dengan munculnya perilaku berikut ini:

hipnoterapi online
  1. Energi berlebih
    Penderita akan merasa bahwa tubuhnya penuh dengan energi meskipun ia kurang tidur atau bahkan tidak tidur sama sekali.
  2. Banyak bicara
    Meskipun banyak bicara, namun ucapannya tidak jelas, mereka akan bercerita mengenai satu hal ke hal lain yang tidak ada kaitannya, mereka juga dapat berbicara dengan irama yang cepat dan membuat lelucon terus menerus.
  3. Kepercayaan diri meningkat
    Penderita gangguan ini memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi, seringkali mereka tidak ragu untuk mengatakan kehebatannya.
  4. Beraktivitas tidak seperti biasanya
    Penderita gangguan ini dapat melakukan kegiatan yang berbeda dari kebiasaan, aktivitas yang dilakukan bersifat impulsif dan berisiko, misalnya berjudi, membersihkan rumah sehari semalam, dll.
  5. Berbelanja tanpa pertimbangan
    Seseorang dengan gangguan hypomania dapat menghambur-hamburkan uangnya untuk hal-hal yang tidak penting, seperti membeli barang-barang mahal yang tidak diperlukan, atau membeli banyak pernak-pernik yang tidak bermanfaat.
  6. Hasrat seksual meningkat
    Mereka yang mengalami gangguan ini, mengalami peningkatan hasrat seksual, bahkan mereka dapat melakukan hubungan seksual yang berisiko.
  7. Tidak bisa diam
  8. Banyak ide
  9. Mood mudah berubah
  10. Nafsu makan meningkat

Apabila gejala yang dirasakan lebih berat hingga menimbulkan perubahan mood yang tida-tiba dan ekstrim dan terjadi berkepanjangan (lebih dari 1 minggu) kondisi ini deisebut dengan mania. Setelah gejala hypomania selesai, biasanya penderita akan merasa kelelahan dan merasakan gejala depresi.

Hypomania bisa diatasi dengan psikoterapi dan pemberian obat antimania, antidepresan dan antipsikotik, tentunya obat-obatan tersebut harus dengan resep dokter. Jika anda atau orang terdekat mengalami hypomania yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

*Sumber:
alo dokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed