Takut Menikah ? Mungkin Anda Mengalami Phobia Ini

Gamophobia merupakan kondisi dimana seseorang mengalami ketakutan berlebih akan berkomitmen atau pernikahan. Phobia ini bukan berarti enggan menjalin hubungan dengan seseorang, penderita masih bisa memiliki hubungan dengan orang lain namun tidak berani untuk melankutkan pada jenjang yang lebih serius, yaitu pernikahan.

Ketakutan yang dialami bukanlah hal yang sederhana, tidak hanya membatalkan acara pada menit-menit terakhir menjalang pernikahan, namun bersifat jangka panjang dan terjadi secara konsisten dalam hidup, hampir sama seperti rasa takut akan kematian.

hipnoterapi online

Gamophobia dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti pengalaman masa kecil dimana individu melihat atau bahkan mengalami kekerasan dalam rumah tangga, baik secara fisik maupun mental. Kegagalan hubungan di masa lalu juga dapat memicu timbulnya gamophobia, selain itu seseorang yang mengalami kekerasan langsung dalam berhubungan juga dapat mengalami phobia ini.

Penderita biasanya enggan terikat pada sebuah hubungan yang kompleks dan melibatkan banyak orang, tidak mau terlibat pada konflik keluarga, merasa takut mengenai perekonomian setelah berkeluarga, hingga menganggap bahwa pernikahan akan menimbulkan masalah baru.

Penderita fobia ini akan merasa cemas saat membicarakan pernikahan dan cenderung menghindari topik tersebut, ia merasa diteror dengan pemikiran mengenai komitmen atau pernikahan, seringkali mengakhiri hubungan dengan pasangannya namun alasannya tidak masuk akal dan terjadi tiba-tiba, mereka cenderung memilih hubungan tanpa status daripada menjalin hubungan yang jelas. pada kasus tertentu penferita fobia ini juga mengalami gejala fisik seperti pusing, napas pendek, menggigil tanpa sebab, hingga merasa sedih secara berlebihan.

Pernikahan memang sebuah pilihan bagi setiap individu, namun apabila ketakutan akan pernikahan yang dialami sudah berlebihan dan mengganggu kehidupan sebaiknya segera diatasi dengan bantuan profesional seperti psikolog, psikiater, atau terapis. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi gamophobia seperti terapi perilaku dan terapi perilaku kognitif, sesi konseling, hipnoterapi, terapi keluarga, dan obat-obatan untuk membantu mengurangi gejala fisik.

Jika anda atau orang disekitar anda mengalami gamophobia atau ketakutan berlebih akan pernikahan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan psikolog atau terapis agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

*Sumber
id dot the asian parent dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed