oleh

Sering Menunda Pekerjaan ? Anda Mungkin Seorang Prokrastinator

Hampir setiap orang pernah menunda pekerjaannya, baik itu tugas sekolah, tugas kuliah maupun pekerjaan kantor. Sering menunda-nunda pekerjaan disebut juga sebagai prokrastinasi, kebiasaan buruk ini memiliki dampak negatif bagi kesehatan maupun bagi pekerjaan. Prokrastinasi berasal dari bahasa Latin yaitu “pro” yang berarti forward atau maju dan kata “crastinus” yang berarti “belonging to tomorrow” atau lakukan besok.

Terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa setidaknya setiap orang pernah menunda pekerjaannya. Sebanyak 20% orang mungkin mengalami prokrastinasi kronis dan berdasarkan survey sebanyak 80% mahasiswa sering menunda tugas kuliahnya. Prokrastinasi identik dengan penundaan tapi tidak semua penundaan masuk didalamnya. Beberapa keadaan mengharuskan seseorang menunda pekerjaan yang seharusnya diselesaikan akibat keadaan yang lebih penting terjadi.

hipnoterapi online

Orang yang menunda-nunda pekerjaan menganggap aktivitas lain yang menyenangkan lebih berharga pada awalnya, dan tugas yang sulit menjadi semakin penting seiring dekatnya deadline. Prokrastinator seringkali “menipu’ diri dengan mempercayai bahwa mereka dapat mengerjakan lebih baik dibawah tekanan waktu yang singkat sehingga memilih untuk mengerjakannya di akhir tenggat waktu. Terdapat 5 (lima) kebohongan yang dipercayai Prokrastinator untuk membernarkan tindakannya adalah sebagai berikut :

  1. merasa masih banyak waktu untuk mengerjakan tugas.
  2. merasa hanya sedikit waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut.
  3. merasa akan lebih semangat jika mengerjakan esok hari, minggu depan, bulan depan atau wkatu tertentu.
  4. tugas akan semakin sempurna bila dikerjakan saat benar-benar ingin mengerjakannya.
  5. pengerjaan tugas tidak akan optimal ketika tidak berada dalam mood yang baik.

Menunda-nunda pekerjaan tentu dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Perasaan sedih, menyesal, bahkan frustasi bisa jadi dialami seseorang yang menunda pekerjaannya. Dirinya merasa bahwa seharusnya ia mampu mengerjakan tugas tersebut lebih awal dan lebih baik lagi. Hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan mental. Seseorang dapat mengalami stres berat atau mengalami kecemasan ketika mengerjakan pekerjaan dalam keadaan terburu-buru.

Jika anda atau orang terdekat mengalami gejala diatas, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber: pijarpsikologi dot org

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed