oleh

Intermittent Explosive Disorder – Sering Membanting Barang Ketika Marah

Intermittent Explosive Disorder  – Marah merupakan salah satu emosi alami yang dimiliki manusia, apabila rasa marah dipendam justru akan memperburuk keadaan. Namun apabila luapan kemarahan melewati batas hingga nemelan korban seperti barang-barang dipecahkan atau teman anda terluka karena menjadi sasaran kemarahan, ini bisa menjadi salah satu tanda gangguan kesehatan mental, hal ini juga akan mempengaruhi kehidupan anda secara menyeluruh.

Dalam dunia psikologi, gangguan ledakan amarah disebut sebagai Intermittent Explosive Disorder (IED), ini ditandai dengan ledakan amarah dan kekerasan berulang-ulang yang membabi buta tidak terencana dan tidak beralasan, seseorang dengan gangguan ini menggambarkan ledakan kemarahannya sebagai rasa kehilangan kontrol atas emosi dan tubuh mereka dan merasa terasuki oleh amarah.

hipnoterapi online

Ledakan rasa marah biasanya sangat agresif hingga merusak barang-barang atau properti, menjerit terus menerus, mengeluarkan kata-kata cacian atau umpatan, hingga mengancam menyerang orang lain atau binatang.

Gangguan ini diduga disebabkan oleh kombinasi beberapa komponen seperti faktor genetik, kelainan mekanisme otak, dan faktor lingkungan, namun secara garis besar gangguan omo dipicu oleh pemendaman kronis dari kemarahan/emosi yang mendasari. Gangguan ini juga menjadi hasil utama dari kesalahan manajemen kemarahan yang terjadi dalam jangka panjang, rasa marah yang pada awalnya normal secara perlahan tumbuh menjadi kebencian, kemurkaan dan kemarahan yang timbul dari kegagalan untuk mengenali dan mengatasi rasa marah secara sadar sebelum menjadi berbahaya.

Intermittent Explosive Disorder (IED) mempengaruhi sebanyak 7,3% dari orang dewasa dalam beberapa momen di sepanjang hidupnya, gejala ini biasanya muncul pertama kali pada rentang usia 6 tahun dan semakin jelas di usia remaja. Selain luapan amarah dan umpatan, seseorang dengan gangguan ini juga akan menunjukkan gejala fisik seperti sakit kepala, sakit otot, dada terasa sesak, terburu-buru, napas pendek, kepala terasa terhimpit oleh tekanan, kesemutan hingga tremor.

Ada kemungkinan bahwa Intermittent Explosive Disorder (IED) dapat bertindak sebagai pemicu depresi, ketergantungan alkohol/obat-obatan, kecemasan, hingga perilaku bunuh diri. Apabila anda atau orang disekitar anda merasa mengalami gangguan ini atau mengalami gangguan kesehatan lain seperti kecemasan, depresi, kurang percaya diri, kecanduan alkohol, dll segeralah konsultasi dengan psikolog atau anda dapat melakukan hipnoterapi untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed