Overthinking dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Overthinking adalah suatu kondisi dimana seseorang terlalu banyak berpikir pada hal-hal sepele secara berlebihan, jika dibiarkan kondisi ini dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh manusia. Hingga saat ini belum diketahui secara pasti penyebab munculnya gangguan ini, namun kondisi ini biasanya ditunjukkan oleh individu yang memiliki gangguan mental seperti kecemasan atau depresi.

Tanda Seseorang Mengalami Overthinking

  1. Ketika menghadapi suatu masalah, tidak fokus untuk mencari solusi.
  2. Merungkan hal yang sama secara berulang.
  3. Susah tidur dengan nyenyak karena merasa cemas.
  4. Sulit membuat keputusan.
  5. Menyalahkan diri sendiri saat mengambil keputusan yang salah.

Dampak

Overthinking jika dibiarkan dalam waktu yang lama, dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan mental maupun kesehatan fisik seseorang, diantaranya yaitu :

hipnoterapi online
  1. Kinerja otak terpengaruh
    Overthinking dapat menyebabkan stress yang akan berdampak pada kesehatan otak, pada kondisi yang kronis dapat mengubah fungsi otak dengan mengubah struktur dan konektivitasnya sehingga dapat menimbulkan gangguan kesehatan mental seperti gangguan mood, gangguan kecemasan, dll.
  2. Mempengaruhi sistem pencernaan
    Masalah pencernaan yang mungkin muncul saat anda mengalami stress/overhinking seperti radang usus,  sindrom iritasi usus besar, hingga perubahan motilitas saluran cerna dan sekresi lambung.
  3. Mengganggu fungsi jantung
    Berpikir secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan jantung, sakit dada, pusing, takikardia merupakan beberapa masalah yang mungkin muncul.
  4. Merusak kesehatan kulit
    Stress secara emosional yang diakibatkan berpikir secara berlebihan dapat mempengaruhi atau bahkan memperburuk kondisi kulit yang terjadi seperti dermatitis atopik, dermatitis seboroik, psosiaris, alopecia, areata, dan pruritus.
  5. Menurunnya sistem kekebalan tubuh
    Ketika anda sedang stess/khawatir/cemas/berpikir secara belebihan, tanpa disadari anda akan lebih mudah sakit, ini karena saat mengalami stress tubuh akan melepaskan kortisol yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.
  6. Meningkatkan risiko terkena kanker

Jika anda atau orang terdekat mengalami overthinking yang berkepanjangan, stress, khawatir berlebihan, cemas, dan gangguan lain, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

*Sumber
halo dot dot com
hello sehat dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed