oleh

Mengalami Mental Block ? Atasi Segera dengan Cara Ini

Mental block merupakan bentuk penolakan tidak terkendali yang berasal dari otak manusia. Keadaan ini merupakan bentuk penyangkalan alam bawah sadar terhadap emosi atau sebuah pemikiran, kondisi ini dapat muncul ketika seseorang mengalami neurosis, histeria, atau bahkan tanpa penyakit apapun.

Mental blok sering dikaitkan sebagai hambatan mental saat tidak lagi mampu berpikir atau mengatur pemikiran dengan benar misalnya seorang desainer yang tiba-tiba merasa buntu atau kehabisan ide sehingga tidak dapat mendesain dengan produktif. Kondisi ini dapat dianggap sebagai tembok yang menghalangi kreativitas produktivitas serta motivasi seseorang.

hipnoterapi online

Ada beberapa gejala yang muncul ketika seseorang mengalami mental block seperti kehilangan energi, lebih sensitif dan mudah tersinggung, emosi yang meluap-luap dan berlebihan, selalu merasa tegang, merasakan tekanan psikologis, hingga menurunnya gairah seksual.

Gangguan mental ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti efek samping dari obat-obatan, kekurangan vitamin B12, kurang istirahat kelelahan mental yang muncul karena membuat terlalu banyak keputusan, kekacauan karena lingkungan yang berantakan, dan sering menunda tugas-tugas atau pekerjaan penting.

Terdapat beberapa bentuk mental block, yaitu :

  1. Self doubt atau keraguan diri yang menyebabkan seseorang merasa tidak berdaya, meskipun sudah berusaha keras mengambangkan keterampilan, seseorang akan merasa bahwa apa yang telah dilakukan memiliki nilai yang kecil.
  2. Indecision, keraguan yang dapat menyebabkan seseorang menempatkan terlalu banyak nilai dalam setiap keputusan, seseorang akan merasa bahwa membuat keputusan terbaik tentang suatu hal akan menentukan keberhasilan atau kegagalan.
  3. Perbandingan, yaitu suatu kondisi dimans seseorang merasa tidak memiliki banyak peluang.
  4. Ketidakpastian, yaitu kondisi seseorang yang akan membuat keputusan namun tidak dapat menemukan cara melakukannya.
  5. Pola pikir tetap, dimana konsisi di masa lalu akan membatasi apa yang akan dilakukan di masa depan.
  6. Ketiadaan batas, yaitu suatu kombinasi dari banyak minat, upaya dan kemampuan secara antusias melebih-lebihkan sumber daya dan kemampuan sendiri terepas dari bukti yang bertentangan.

Tidak mudah untuk mengetahui apakah seseorang mengalami gangguan mental block atau gangguan lainnya, hal ini dikarenakan gangguan mental block ditunjukkan dalam berbagai gejala, penderita gangguan ini mungkin akan telihat sedih, cemas, tertutup, atau bahkan marah. Seseoraang yang mengalami gangguan mental ini memungkinkan merasa gejala disik lainnya yang disebabkan masalah psikologis, hal ini disebut psikosomatis, apabila setelah dievaluasi dan kemungkinan berbagai penyakit lain sudah disingkirkan maka dokter akan merujuk pasien untuk menjalani pemeriksaan psikolog.

Mental block dapat menyebabkan menurunnya produktivitas seseorang sehingga dapat menghambat kesuksesan, selain itu gangguan ini juga dapat menghambat kualitas hidup, dan menyebabkan diri sendiri tidak berharga. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi mental block, usahakan untuk tidak terlalu keras menyalahkan diri sendiri, hal ini tidak mendatangkan solusi, sebaliknya akan membuat diri kian terpuruk. Alihkan perasaan takut pada hal lain yang menyenangkan. Belajarlah untuk menerima masa lalu, percaya bahwa luka masa lalu dapat sembuh dan masa depan akan lebih baik. Singkirkan rasa ketergantungan pada oranglain.

Apabila anda atau orang disekitar anda mengalami gangguan mental block dan kesulitan untuk menanganinya sendiri segeralah berkonsultasi dengan psikolog, psikiater atau terapis agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

*Sumber
sehatq dot com
glints dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed