Apa itu Trauma Healing ?

Trauma healing merupakan proses penyembuhan pascatrauma dengan tujuan agar seseorang yang trauma dapat terus melanjutkan hidupnya tanpa adanya bayang-bayang kejadian penyebab trauma. Trauma pada umunya akan menyebabkan PTSD (post traumatic stress disorder). PTSD merupakan gangguan kesehatan mental yang muncul setelah seseorang mengalami kejadian penyebab trauma. Trauma disebabkan oleh kejadian buruk atau negatif yang berdampak pada stabilitas mental dan emosional. Beberapa kejadian yang menyebabkan trauma bisa karena korban perkosaan, kekerasan dalam rumah tangga, bencana alam, penyakit atau cedera parah, kematian seseorang yang disayangi, korban perang dan menyaksikan peristiwa kekerasan.

Trauma healing dapat dibedakan dalam 2 jenis yaitu :

hipnoterapi online

Trauma healing yang berfokus pada kejadian 

Penyembuhan trauma jenis ini berfokus pada ingatan penderita pada peristiwa penyebab trauma tersebut. Biasanya bisa dilakukan dengan 2 jenis terapi berikut :

  1. Exposure therapy atau terapi pemaparan berfokus pada pengubahan struktur ketakutan yang ada dalam pikiran sehingga penderita tidak lagi memiliki masalah saat dihadapkan pada penyebab trauma. Dalam terapi ini penderita akan diajak mengakses ingatan penyebab trauma. Kemudian penderita akan diberitahu bahwa apa yang terjadi di masa lalu tidak ada kaitannya dengan apa yang terjadi sekarang. Proses ini kemudian akan membantu penderita untuk belajar menerima peristiwa yang terjadi di masa lalu sehinnga dapat melanjutkan hidupnya.
  2. Cognitive processing therapy (CBT) atau terapi perilaku kognitif merupakan trauma healing yang bertujuan membantu penderita menghadapi trauma dengan cara berpikir dan bertindak. CBT biasanya berlangsung selama 8-12 pertemuan dan setiap sesi akan mencapai waktu sekitar 1 jam.

Trauma healing yang tidak berfokus pada kejadian

Penyembuhan trauma jenis ini bertujuan untuk meredakan gejala PTSD tanpa berfokus pada peristiwa penyebab trauma yang dialami penderita.  Penyembuhan ini bisa dilakukan dengan terapi sebagai berikut :

  1. Eye movement desensitisation and reprocessing (EMDR), proses ini dilakukan dengan meminta penderita untuk menceritakan kembali kejadian penyebab trauma yang dialaminya sambil memperhatikan hal ini, misalnya dengan memperhatikan gerak jari terapis. Tujuan metode ini adalah agar korban mampu memikirkan hal yang positif saat mengingat kejadian penyebab trauma.
  2. Stress inoculation training (SIT), trauma healing jenis ini memberikan pengajaran kepada penderita trauma untuk menghilangkan stres dan menjadi lebih rileks dengan metode-metode tertentu. Misalnya dengan belajar teknik pernapasan dan teknik relaksasi atau pijat.

Selain beberapa metode trauma healing diatas dokter mungkin juga akan memberikan obat antidepresan. Obat dapat membantu penderita trauma menjadi lebih tenang dan berhenti memikirkan kejadian penyebab trauma sementara waktu.

Jika anda atau orang terdekat mengalami trauma yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*sumber : sehatq dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed