Anak Hiperaktif ? Berikut Cara Mendampingi dan Mengatasinya

Anak hiperaktif merupakan kondisi si kecil yang memiliki energi tidak ada habisnya disertai kesulitan mengontrol aktivitas dan reaksinya terhadapa lingkungan sekitar. Keadaan ini bisa menjadi gejala ADHD (attention deficit hyperactivity disorder). Anak dengan ciri hiperaktif sering terus menerus bergerak, terus menerus berbicara dan sulit untuk diam dan tenang. Selain itu anak sering menyela percakapan atau kegiatan orang lain, tidak sabar menunggu giliran dan tidak memiliki rasa takut akan bahaya.

Anak dengan ADHD lebih dominan hiperaktif-impulsif atau atensi dan bisa kombinasi keduanya. Tidak ada obat yang bisa menyembuhkan anak yang hiperatif, namun kondisi ini dapat dikontrol melalui dukungan, pendidikan, dan saran yang tepat bagi orang tua dan anak. Untuk membantu mengontrol gejala dokter akan menyarankan untuk melakukan terapi.

hipnoterapi online

Cara Mendampingi Anak 

Membangun kehidupan anak yang terstruktur 

Orang tua tidak harus keras dan kaku, biasakan keteraturan agar kehidupan anak tenang dan terorganisir. Cukup tentukan kapan waktu makan, mandi, tidur dan bermain. Berikan instruksi yang terstruktur, singkat dan spesifik agar mudah dipahami anak.

Menciptakan waktu tidur yang rutin

Anak dengan ADHD akan memiliki masalah tidur yang memperparah gejala. Pola tidur anak akan kacau. Ciptakan kebiasaan tidur tepat waktu untuk mengatasinya. Pastikan anak tidur dan bangun di waktu yang tepat. Hindari bermain gadget sebelum tidur karena akan mengganggu kualitas tidur.

Menerapkan disiplin positif 

Berilah anak kasih sayang dengan menghargai dan memuji ketika melakukan tindakan baik. Dengan cara ini anak jadi tahu tindakan apa saja yang tergolong baik.

Mengajak anak beraktivitas dan berolahraga 

Banyaklah berolahraga di siang hari agar kualitas tidur anak meningkat pada malam hari.

Membina hubungan keluarga yang sehat 

Hubungan antar kelurga akan berperan dalam mengelola dan mengubah perilaku anak yang hiperaktif. Upayakan untuk menjalin komunikasi yang sehat dengan anak. Jika anak mengajak bicara orang tua harus menanggapi dengan tenang dan sabar.

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Anak 

  1. Fokus mengembangkan kelebihan dan membangun kepercayaan diri pada anak.
  2. selalu bertemu dan berdiskusi dengan guru yang mengajar.
  3. fokus pada kelebihan anak, bantu untuk mengembangkan minat, bakat dan kepercayaan diri.
  4. memberitahu kebutuhan anak pada gurunya.
  5. bersekolah di sekolah khusus atau sekolah inklusif.

Jika anda atau orang terdekat mengalami masalah pada anak yang hiperaktif, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber :

alodokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed