oleh

Belajar Memaafkan Diri Sendiri, Kunci Bahagia

Setiap manusia tentunya pernah membuat kesalahan, beberapa orang seringkali menghukum dirinya untuk menebus rasa bersalah agar tidak melakukan kesalahan yang sama lagi. Tanpa disadari rasa bersalah yang berlarut-larus akan menimbulkan stress sehingga seseorang perlu untuk memaafkan diri sendiri.

Menyesali kesalahan yang terjadi di masa lalu merupakan hal yang wajar terjadi, namun cobalah untuk mengontrol perasaan tersebut dan temukan cara untuk memaafkan diri sendiri, ambil hikmah dari apa yang terjadi, dengan begitu anda masih memiliki kesempatan untuk belajar dari kesalahan dan tidak mengulanginya di masa mendatang.

hipnoterapi online

Apabila rasa menyesal berlanjut menjadi stress, maka tubuh akan mengeluarkan hormon kortisol yang dapat memicu meningkatnya asam lambung, tekanan darah, denyut jantung hingga kolesterol. Memaafkan diri sendiri perlu dilakukan agar hidup yang dijalani lebih bahagia.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu memaafkan diri sendiiri, diantaranya yaitu:

  1. Menyadari kesalahan yang telah dibuat
    Ketika berbuat kesalahan dan sulit memaafkan diri sendiri, sadarilah kesalahan yang sudah dibuat tanpa menyangkalnya sedikitpun, kesalahan tersebut, hal ini menjadi langkah penting sebelum memaafkan diri sendiri.
  2. Kesalahan adalah pelajaran
    Membuat kesalahan adalah hal yang wajar dilakukan, yang perlu digarisbawahi adalah bagaimana seseorang menanggapi kesalahannya, apakah menjadi hal yang ditakuti seumur hidup atau menjadi pelajaran berharga agar tidak diulangi kedepannya. Agar dapat memaafkan diri sendiri perlu disadari bahwa kesalahan dapat dijadikan pelajaran agar kedepannya menjadi seseorang yang lebih baik lagi.
  3. Berhenti memikirkan kesalahan terus menerus
    Sebuah kesalahan memang perlu dipikirkan dan dijadikan pelahjaran atau introspeksi diri agar kedepannya bisa menjadi pribadi yang lebih baik, namun memikirkan kesalahan secara berlebihan akan mengganggu aktivitasm terlebih jika terlalu lama memikirkan kesalahan hingga menghukum dirinya sendiri.
  4. Berikan afirmasi positif
    Gunakan kalimat kalimat positif untuk membantu menghilangkan energi negatif dari kesalahan tersebut datang kembali. kalimat positif yang dapat dikatakan untuk diri sendiri seperti “Saya sudah melakukan yang terbaik saat itu”, “saya belum tahu banyak pada saat itu”, dll.
  5. Ikhlas
    Perlu disadari bahwa apa yang terjadi pasti akan berlalu, tanamkan pada diri bahwa setiap masalah yang terjadi pasti ada jalan keluar, pasti ada hikmah yang dapat dipetik, dengan begitu hati akan ikhlas dan mampu memaafkan diri sendiri.
  6. Berbicara dengan orang terdekat
    Berbicara atau berdiskusi dengan orang terdekat yang dipercaya dapat membantu meringankan beban, hal ini sangat membantu untuk menenangkan diri dan memaafkan diri sendiri.
  7. Mencari bantuan profesional
    Apabila kesulitan dalam memaafkan diri sendiri, terlebih hingga ada dorongan untuk menyakiti diri sendiri segeralah mencari pertolongan dari psikiater atau psikolog untuk mendapatkan solusi.

Jika anda atau orang terdekat mengalami kesulitan dalam memaafkan diri sendiri dan mengalami rasa bersalah/rasa menyesal yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

*Sumber:
klik dokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed