oleh

Autophobia – Anda Merasa Ketakutan Dalam Kesendirian ?

Autophobia merupakan kondisi dimana seseoranag merasa takut terhadap kesendirian atau cemas ketika kesepian. Penderita phobia ini akan merasa cemas yang parah saat sendiri walaupun mereka berada di tempat yang aman seperti rumah, hal ini menyebabkan penderita membutuhkan oranglain untuk menemaninya agar merasa aman.

Pada penderita autophobia akan muncul beberapa gejala seperti:

hipnoterapi online
  1. Ketakutan berlebihan saat sendirian
  2. Merasa takut ketika membayangkan hal apa saja yang bisa terjadi ketika ia sendiri.
  3. Adanya dorongan yang luar biasa untuk melarikan diri saat sendirian.
  4. Rasa cemas saat mencoba mengantisipasi kesepian.
  5. Muncul gejala fisik seperti berkeringat, gemetar, pusing, nyeri dada, jantung berdebar-debar, mual, hingga napas yang lebih cepat ketika ia sendirian.

Belum diketahui secara pasti penyebab munculnya autophobia, akan tetapi diyakini bahwa phobia ini berkaitan dengan kejadian traumatis yang terjadi di masa lalu tanpa disadari oleh penderita. Pengalaman buruk dimasa kecil dapat memicu munculnya autophobia dimasa mendatang, seperti  korban broken home, dan ditinggalkan kerebat atau anggota keluarga.

Ada beberapa terapi yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi autophobia, seperti :

  1. Terapi perilaku kognitif
    Melalui terapi ini, konselor akan memaparkan pasien dengan fobianya dan membantu pasien untuk mengendalikan rasa takutnya sendiri, konselor juga akan berusaha untuk memahami bagaimana pola pikir dari pasiennya. Melalui terapi ini, diharapkan pasien memiliki rasa percaya diri untuk menghadapi ketakutannya.
  2. Terapi eksposur
    Terapi ini dilakukan dengan tujuan mengatasi perilaku pasien yang cenderung menghindari sumber fobianya. Pasien akan dihadapkan dengan sumber fobia yang diawali dengan situasi terkontrol, kemudian berlanjut ke situasi nyata debgan harapan penderita autophobia dapat menghadapi kesendiriannya dimasa mendatang.
  3. Obat
    Pada kasus-kasus tertentu phobia ini membutuhkan obat-obatan untuk membantu meredakan gejala yang muncul. Obat-obatan yang diresepkan di awal penanganan hanya untuk penggunaan jangka pendek saja.

Sayangnya, banyak penderita autophobia tidak segera mencari bantuan dari profesional untuk membantu menangani fobianya, sakibatnya fobia ini dapat berlanjut dalam waktu yang lama sehingga dapat mengganggu kehidupannya. Jika anda atau orang terdekat mengalami autophobia tau fobia lain yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

*Sumber
sehatq dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed