oleh

Takut Jatuh Cinta ? Kenali Apa Itu Philophobia

Philophobia merupakan gangguan kesehatan mental dimana seseorang mengalami takut jatuh cinta pada orang lain. Hal ini dapat disebabkan pengalaman buruk yang menyebabkan trauma seperti disakiti pasangan, dikhianati pasangan, dll. yang menyebabkan seseorang merasa khawatir untuk membangun hubungan baru dengan orang lain.

Gangguan ini tidak hanya mempengaruhi kondisi jiwa seseorang, namun juga dapat menimbulkan gejala fisik seperti detak jantung lebih cepat, sesak nafas, mual, hingga keringat berlebihan. Krisis kepercayaan terhadap pasangan dapat membuat seseorang memilih untuk tidak memiliki pasangan, hal ini tentunya menjadi salah satu penyebab banyaknya pasangan yang tidak mampu mempertahankan hubungannya. Selanjutnya penderita philophobia akan takut dalam membina hubungan dan komitmen dengan orang lain.

hipnoterapi online

Adapun cara-cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi philopobhia secara mandiri, diantaranya yaitu :

  1. Belajar dari pengalaman masa lalu
    Ada pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Apabila anda pernah mengalami putus cinta, atau menjalani hubungan yang menyakitkan, maka belajarlah dari pengalaman tersebut.
  2. Hentikan pemikiran negatif
    Ketika akan memulai hubungan baru lagi dengan orang lain, mungkin anda memikirkan hal-hal negatif, meskipun hal tersebut belum tentu akan terjadi, seperti “mungkin pasangan saya tidak benar-benar mencintai saya”, “saya hanya dimanfaatkan saja, karena saya tidak menarik”, “Bagaimana jika nanti saya dikhianati lagi”, dll. Buanglah pikiran-pikiran tersebutm cobalah membangun hubungan yang positif dengan menjalin komunikasi yang baik.
  3. Cinta membuat bahagia
    Hadapi dan lawan rasa takut jatuh cinta. Pada dasarnya jatuh cinta akan membuat seseorang menjadi bahagia, meskipun dalam suatu hubungan akan selalu ada masalah yang akan membuat anda merasa sedih, atau sakit, namun yakinilah bahwa setiap masalah akan ada jalan keluarnya, dan permasalahan tersebut akan membuat anda dan pasangan menjadi lebih dewasa.

Jatuh cinta bukahlah suatu kesalahan, namun jika anda atau orang disekitar anda mengalami philophobia atau takut jatuh cinta secara berlebihan, terjadi dalam waktu lama hingga mengganggu aktivitas harian, maka segeralah berkonsultasi dengan psikolog, atau terapis agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

*Sumber
alodokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed