oleh

Suka Menyalakan Api ? Mungkin Anda Mengalami Ini

Pyromania merupakan gangguan kontrol impuls yang menyebabkan seseorang tidak dapat menahan dorongan untuk menyalakan api, meski mengetahui bahwa tindakannya berbahaya. Gangguan ini dimulai di masa pubertas dan berlangsung hingga dewasa.

Tanda-tanda yang muncul pada pendertita pyromania diantaranya yaitu :

hipnoterapi online
  1. Tidak bisa mengandalikan dirinya untuk tidak menyakalan api
  2. Merasa senang dan lega saat melihat api atau saat menyalakan api
  3. Sering bermain api, kurang lebih dalam 6 minggu
  4. Memiliki ketertarikan yang kuat dengan api dan perlengkapan untuk pengaturan api
  5. Suka melihat kebakaran atau menyalakan alarm kebakaran

Penderita pyromania akan membuat persiapan yang matang untuk mengatur sebuah kebakarann, mereka tidak memikirkan kerugian fisik atau finansial akibat perbuatannya, karena bagi mereka yang terpenting adalah memperoleh kesenangan. Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa penderita akan melepaskan emosinya setelah menyalakan api, namun ada kemungkinan bahwa mereka juga akan merasa bersalah terlebih saat mencoba melawan impulsnya.

Hingga saat ini belum dapat diketahui secara pasti penyebab seseorang mengalami pyromania, namun seperti gangguan kesehatan mental lainnya, pyromania dikaitkan dengan ketidakseimbangan bahan kimia otak, genetik, dan pengalaman atau situasi yang penuh tekanan.

Pyromania jika tidak segera diatasi bisa berubah menjadi lebih kronis,karena dapat menyebabkan cidera, kerusakan properti hingga kematian, untuk itu sangat penting mencari bantuan atau pertolongan jika anda mengalami gangguan ini agar dapat segera diatasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan ini, diantaranya yaitu :

  1. Terapi perilaku kognitif
  2. Obat-obatan ( anti kecemasan, anti epilepsi)
  3. Antidepresan
  4. terapi perilaku lain
  5. Antipsikotik atipikal
  6. Anti androgen
  7. Lithium

Selain itu dukungan dari keluarga atau orang terdekat sangat diperlukan untuk membantu penderita segera sembuh dari gangguan ini, dengan dukungan itu akan membantu penderita memahami gangguan tersebut dan merasa tetap aman.

Jika anda atau orang terdekat mengalami overthinking yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

 

*Sumber:
sehat q dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed