Mental Illness – Pengertian, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Mental illness – Kesehatan manusia tidak hanya kesehatan fisik saja, kesehatan psikis atau rohani juga perlu diperhatikan. Semua orang berisiko mengalami gangguan kesehatan baik itu gangguan kesehatan fisik maupun gangguan kesehatan psikis.

Salah satu gangguan psikologis yang umum terdengar di masyarakat yaitu mental illness, ini merupakan kumpulan dari beberapa gejala yang muncul berkaitan dengan gangguan psikologis yang dapat mempengaruhi perasaan, pikiran dan perilaku seseorang dalam jangka waktu yang lama. Terdapat banyak tipe mental illness, dimana masing-masing memiliki gejala yang berbeda tergantung pada tingkat keparahannya.

hipnoterapi online

Terdapat lebih dari 200 jenis mental illness yang dapat dialami oleh manusia, beberapa diantaranya yaitu gangguan kecemasan, depresi, Attention deficit/hyperactivity disorder (ADHD), gangguan stress pasca trauma atau PTSD, gangguan makan, Skizofrenia, dll.

Mental illness dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor biologis, faktor psikologis dan faktor lingkungan. Faktor biologis meliputi gangguan fungsi syaraf otak, infeksi, cidera otak, gizi buruk, riwayat keluarga, konsumsi alkohol dan penyalahgunaan obat terlarang. Faktor psikologis meliputi peristiwa buruk yang menyebabkan trauma seperti kecelakaan, kekerasan dalam rumah tangga, broken home, pelecehan seksual, kesulitan bergaul dengan orang lain, kesepian dan terisolasi. Sedangkan faktor lingkungan meliputi kehilangan orang yang dicintai, hubungan keluarga yang tidak harmonis, label negatif dari masyarakat, pindah ke lingkungan baru, dll.

Untuk mengatasi mental illness ada beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya yaitu :

  1. Menjaga kesehatan penderita
    Usahakan kondisi kesehatan penderita gangguan mental terjaga dengan baik, apabila kesehatan fisik terganggu dapat menyebabkan pengaruh yang buruk  bagi penderita.
  2. Memberi ruang
    Berikan ruang kepada penderita untuk berbagi cerita, dengan berbagi cerita pada orang lain akan membantu mengurangi beban pikiran yang dirasakan oleh penderita.
  3. Bahagia/gembira
    Penderita mental illness membutuhkan orang lain yang dapat mendampinginya baik itu teman maupun keluarga. Pendampingan ini dilakukan untuk menjauhkan penderita dari berbagai hal yang dapat memicu depresi, pendamping harus menjaga agar penderita tetap merasa bahaia atau gembira.
  4. Memahami penderita
    Apabila ada orang disekitar anda yang mengalami mental illnes, pahamilah mereka, jagalah mereka agar tidak melakukan hal-hal yang berbahaya dan jangan menjauhinya, dengan sikap ini akan membuat penderita merasa lebih dihargai.
  5. Perlakukan penderitaa secara normal
    Penting untuk memperlakukan penderita mental illness layaknya orang normal pada umumnya, jangan berikan perlakuan khusus yang berlebihan sehingga penderita merasa tersingkirkan.
  6. Konsultasi dengan psikolog
    Berkonsultasi dengan psikolog merupakan langkah yang tepat untuk membantu mengatasi mental illness. Psikolog akan lebih memahami kondisi penderita dan mengerti upaya apa saja yang harus dilakukan untuk membantu mengatasinya. Secara umum, perawatan yang dapat diberikan pada pederita yaitu  terapi perilaku kognitif, terapi interpersonal, terapi perilaku dialektis, dan obat-obatan.

Jika anda atau orang terdekat mengalami mental illness yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

 

Sumber
alo dokter dot com
dosen psikologi dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed