Stress, Pemicu Haid Tidak Teratur, Wanita Wajib Tahu !

Stress menjadi salah satu pemicu gangguan siklus menstruasi. Siklus yang normal berlangsung antara 21-35 hari. Pada umumnya siklus haid yang tidak teratur terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal, yang dapat dipicu oleh beberapa keadaaan seperti gangguan makan (bulimia, anorexia nervosa), stress osikologis, kekurangn vitamin K, seseorang dengan indeks masa tubuh (IMT) lebih dari 30, atlet dengan latihan yang berat, kelainan pembekuan darah, konsumsi obat-obatan tertentu, gangguan hormon tiroid, dll.

Gangguan siklus haid pada wanita perlu diwaspadai karena hal ini dapat mempengaruhi kesuburan, untuk membantu mengatasinya cobalah tips – tips berikut ini :

hipnoterapi online
  1. Hindari Aktivitas yang berat
    Aktivitas fisik yang terlalu berat menjadi salah satu penyebab siklus haid tidak teratut, hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan energi untuk meneruskan proses menstruasi secara teratur sehingga ketika energi tidak mencukupi karena adanya aktivitas yang berat maka haid  tidak tepat waktu. Siklus haid yang tidak lancar dapat memicu sindrom pra-menstruasi, untuk itu hindari aktivitas yang berat agar siklus menstruasi kembali normal, untuk melatih stamina anda cobalah olahraga ringan secara teratur.
  2. Hindari Stress
    Diatas batak otak manusia terdapat hipotalamus yang memiliki banyak fungsi penting, salah satunya yaitu menghubungkan sistem syaraf dengan kelenkar endokrin melalui kelenjar hipofisis atau pituisasi. Hipotalamus ini mengatur berbagai tingkatan hormon termasuk hormon esterogen dan progesteron yang berpengaruh pada reproduksi wanita. Apabila wanita mengalami tekanan mental yang ekstrem seperti stress maka produksi hormon estrogen dan progesteron terganggu, hal ini dapat menyebabkan siklus haid tidak teratur, untuk itu sebisa mungkin hindarilah stress, lakukan hal-hal yang anda sukai untuk membantu menghilangkannya.
  3. Asupan gizi
    Nutrisi sangat penting bagi tubuh, kualitas dari asupan nutrisi akan mempengaruhi kinerja hipotalamus. Biasakan makan makanan yang bergizi, hindari rokok, minuman bersoda, dan terapkan pola hidup yang sehat.

Stress mempengaruhi kesehatan fisik sekaligus kesehatan mental manusia, sebisa mungkin kelola stress sebaik-baiknya dengan melakukan hal-hal yang anda sukai, apabila anda merasa kesulitan dalam mengatasi stress yang anda miliki cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog atau terapis agar mendapatkan solusi yang tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

*Sumber
klik dokter dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed