oleh

Self Loathing : Perilaku Individu Membenci Dirinya Sendiri

Self Loathing merupakan suatu kondisi dimana seseorang terjebak dalam perasaan membenci dirinya sendiri, perasaan ini dipicu oleh kejadian masa lalu akan kegagalan dan merasa bahwa dirinya tidak baik dalam segala hal.

Ada beberapa faltor yang meyebabkan seseorang membenci dirinya sendiri, diantaranya yaitu:

hipnoterapi online
  1. Tidak bisa menerima diri sendiri
    Apabila individu tidak menerima dirinya sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihannya maka tidak menutup kemungkinan bahwa ia memiliki perasaan benci terhadap dirinya sendiri. Individu yang tidak dapat menerima dirinya sendiri biasanya selalu membandingkan dirinya dengan orang lain, akibatnya ia akan merasa jelek, bodoh, tidak berbakat, dll.
  2. Minim dukungan
    Seseorang yang tidak mendapat dukungan dari keluarga atau lingkungan sekitarnya akan berpikir bahwa ada sesuatu yang salah dengan dirinya, akibatnya ia tidak percaya diri dan memicu timbulnya perasaan benci pada dirinya sendiri.
  3. Self-Esteem yang rendah
    Seseorang yang memiliki self esteem rendah cenderung tidak bisa memberi keputusan untuk masa depannya, mereka merasa bodoh dan tidak pantas untuk mendapatkan sesuatu, hal-hal inilah yang menyebabkan munculnya rasa benci pada diri sendiri.
  4. Berpikiran negatif
    Apabila seseorang cenderung berpikiran negatif terhadap dirinya sendiri mereka akan merasa tidak bisa melakukan apapun dalam hidupnya bahkan mereka menyesal telah lahir di dunia. Pemikiran negatif tentang diri sendiri itulah yang memicu munculnya rasa benci terhadap diri sendiri.
  5. Menyalahkan diri sendiri
    Dalam kehidupannya, manusia tidak lepas dari kesalahan, namun apabila seseorang selalu mengingat peristiwa kurang menyenangkan di masa lalu dan terus menyalahkan dirinya sendiri dapat membuatnya terjebak dalam perasaan membenci dirinya sendiri.

Self  loathing jika dibiarkan berkepanjangan akan berdampak buruk bagi kesehatan mental seseorang, hal ini dapat menyebabkan rasa cemas, sedih yang berkepanjangan, menurunnya rasa percaya diri, hingga depresi. Apabila self loathing disikapi secara positif maka hal ini dapat berdampak baik bagi seseorang, self loathing bisa menjadi motivasi untuk memperbaiki diri dan menjadi individu yang lebih baik.

Jika anda atau orang terdekat mengalami Self loathing atau membenci dirinya sendiri secara berkepanjangan hingga mengganggu kesehatan mentalnya, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

*Sumber
yayasan pulih dot org

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed