Stress Pada Wanita : Inilah Alasan Mengapa Wanita Lebih Mudah Stress

Stress Pada Wanita

Rutinitas, tuntutan hidup dan faktor lingkungan dapat menyebabkan seseorang mengalami stress. Kondisi ini mengakibatkan seseorang mengalami berbagai keluhan seperti sedih, tidak bersemangat, mudah marah, bahkan dalam kasus yang parah muncul keinginan bunuh diri.   Setiap individu berpotensi mengalami stress, namun ternyata wanita lebih berisiko mengalamikondisi ini dibandingkan dengan pria. Lalu, mengapa wanita lebih mudah stress dibanding pria ?

Alasan yang melatarbelakangi

  1. Hormon
    Wanita seringkali mengalami perubahan hormon, nah perubahan ini berkaitan dengan gejala stress atau depresi, misalnya saat akan haid, setelah melahirkan, atau pada masa menopause.
  2. Gen
    Genetik menjadi salah satu alasan yang melatarbelakangi stress. Wanita memiliki kondisi yang rentan stress dibandingkan pria.
  3. Hubungan Personal
    Banyak wanita mengalami stress akibat terlibat dalam hubungan personal seperti keluarga, komunitas, dan pekerjaan. Ketika ada masalah atau kekacauan pada hubungan personal tersebut, wanita akan lebih sering memikirkan permasalahan tersebut yang mengakibatkan stress.
  4. Hidup Lebih lama
    Wanita cenderung hidup lebih lama dibandingkan pria. Hal ini meningkatkan risiko stress karena seiring bertambahnya usia akan ada fase kehilangan, menurunnnya kesehatan fisik, hingga kesepian.
  5. Sosial Budaya
    Wanita memiliki banyak sekali tuntutan dari masyarakat sekitar seperti harus berkata dengan lembut, bisa memasak, bisa mendidik dan mengasuh anak, wanita harus bisa bekerja, mengurus rumah, dan masih banyak tuntutan lainnya. Tuntutan ini dapat mengakibatkan kelelahan yang berujung pada stress.
  6. Gangguan Suasana Hati

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi stress, dimulai dari hal-hal sederhana yang dapat dilakukan sendiri. Cobalah untuk mencintai diri sendiri melakukan hal-hal yang disukai, mengelola stress dengan cara positif, menerapkan pola hidup sehat, dll. Apabila anda mengalami stress dan sulit untuk mengatasinya, anda dapat berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater agar mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga dapat melakukan sesi hipnoterapi bersama www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed