oleh

Bagaimana Cara Mengatasi Minder ?

Minder merupakan suatu keadaan dimana seseorang terlalu fokus pada kekurangan atau kelemahan yang ada pada dirinya, mereka merasa tidak berdaya padahal mereka memiliki kelibihan. Mereka merasa tidak ada keberanian, sering bertingkah malu bahkan sering merasa tidak nyaman dalam suatu pergaulan. Dapat diartikan bahwa minder atau rendah diri merupakan perilaku seseorang yang fokus pada kekurangannya tanpa menyadari bahwa sesungguhnya dirinya juga memiliki kelebihan.

Minder termasuk bagian dari penyakit pikiran, gangguan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seseorang dengan sendirinya merasa tidak percaya pada dirinya sendiri sehingga memilih untuk menutup diri, pendiam dan tidak berdaya, hal ini dapat disebabkan karena masalah fisik seperti kegemukan, terlalu kurus, berjerawat, dll. Rasa rendah diri juga dapat disebabkan oleh pengaruh lingkungan sekitarnya, seperti pengalaman buruk di masa lalu, pengasuhan yang dilakukan orangtua, dan lain sebagainya.

hipnoterapi online

Seseorang dapat mengalami minder apabila selalu dilarang, disalahkan, diremehkan dan tidak diberi kepercayaan oleh lingkungannya, selain itu orangtua yang sering melarang anaknya dan membatasi kegiatan anaknya juga dapat memicu munculnya rasa  rendah diri pada anak. Pola pengasuhan yang dilakukan orangtua sangat mempengaruhi bagaimana perkembangan anak dimasa depan, untuk itu sebagai orangtua sebaiknya benar-benar memahami karakter anak, dan berusahalah jadi orangtua yang baik.

Trauma seseorang di masa lalu atau penghinaan-penghinaan yang diterima juga dapat memicu munculnya rasa minder. Gangguan juga sering terjadi pada korban pelecehan seksual, mereka akan menganggap dirinya tidak berharga lagi karena pernah dilecehkan. Merasa rendah tiri atau kurang pecaya diri memang hal yang wajar terjadi, namun hal ini menjadi tidak wajar jika terjadi secara berlebihan dan berlangsung terus menerus, apabila dibiarkan rendah diri dapat menimbulkan terjadinya isolasi sosial dimana seseorang enggan berinteraksi dengan orang lain, rendah diri juga akan membuat seseorang diam ditempat dan enggan keluar dari zona nyaman nya, mereka juga merasa pesimis dan memiliki perasaan yang tidak tenang, dan takut terhadap hal-hal yang baru.

Rasa minder bisa diatasi sengan berpenampilan baik saat melakukan aktivitas harian, gunakan waktu untuk mengeksplorasi kelebihan yang dimiliki dan menerima diri sendiri sebagaimana adanya, carilah orang-orang yang selalu memberi dukungan positif, tingkatkan kemampuan dan pengetahuan serta tantang diri sendiri untuk bergerak maju.

Jika anda atau orang terdekat mengalami minder yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed