oleh

Terapi Aversi untuk Mengatasi Kecanduan Merokok

Terapi aversi merupakan terapi yang melibatkan penarikan penguatan positif atau penggunaan berbagai bentuk hukuman. Metode ini dianggap cukup memberikan pengaruh pada perubahan tingkah laku dengan tujuan menghentikan perilaku yang tidak diinginkan. Metode terapi sangat cocok diterapkan terhadap seseorang yang sudah kecanduan merokok.

Kecanduan merokok merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami ketergantungan pada nikotin yang umumnya terdapat pada produk tanaman tembakau. Penderita kecanduan nikotin akan sulit lepas dari ketergantungan, meski sadar bahwa hat tersebut berbahaya bagi kesehatan. Seseorang dengan kecanduan merokok biasanya akan merasa cemas dan mudah marah ketika tidak mendapat asupan nikotin. Faktor risiko seseorang menjadi kecanduan merokok diantaranya :

hipnoterapi online
  1. Usia, semakin muda usia muali merokok, semakin besar kemungkinan menjadi perokok berat saat dewasa.
  2. Genetik, faktor genetik dapat mempengaruhi reseptor otak untuk merespons nikotin dalam dosis tinggi.
  3. Depresi, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dan gangguan mental seperti depresi, skizofrenia dan PTSD.
  4. Lingkungan, seseorang yang tumbuh di lingkungan perokok akan cenderung menjadi perokok.
  5. Penyalahgunaan NAPZA, seseorang yang kecandual alkohol dan ketergantungan pada NAPZA juga cenderung perokok.

Bagi seseorang yang sudah kecanduan merokok, maka ketika jumlah zat nikotin dalam tubuh berkurang maka akan mengalami beberapa gejala fisik dan mental seperti rasa cemas, diare, gelisah, depresi, frustasi, insomnia, onstipasi, mudah marah dan sulit berkonsentrasi.

Terapi Aversi untuk Mengatasi Kecanduan Merokok

Prinsip yang digunakan dalam terapi aversi adalah menghubungkan tingkah laku yang tidak dikehendaki dengan sesuatu yang tidak menyenangkan. Terapi dilakukan dengan menghadirkan situasi yang tidak menyenangkan setiap kali tingkah yang tidak dikehendaki muncul. Teknik terapi ini dilakukan dengan kesadaran, yakni orang yang bersangkutan dengan kesadaran diminta membayangkan situasi yang tidak menyenangkan mucul akibat dari perilakunya.

Selain itu anda bisa mengurangi kebiasaan merokok dengan beberapa cara sebagai berikut :

  1. berhenti seketika, untuk perokok berat cara ini membutuhkan bantuan medis guna mengatasi efek ketagihan.
  2. menunda, dengan cara penderita melakukan penundaan mengisap rokok pertama 2 jam setiap harinya, misalnya jika biasanya menghisap rokok pukul 7 pagi maka besoknya mulain merokok pukul 9 pagi, besoknya jam 11 siang dan seterusnya.
  3. mengurangi, penderita dapat mencoba mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya. Misalnya jika dalam sehari biasanya menghisap rokok 1 bungkus, maka dikurangi menjadi 2-4 batang perhari.

 

Jika anda atau orang terdekat ingin segera menghentikan kebiasaan merokok, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*dari berbagai sumber

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed