Gangguan Kepribadian Ambang dan Cara Mengatasinya

Gangguan kepribadian ambang ditandai dengan ketidakstabilan hubungan dengan orang lain, penderita bisanya memiliki emosi yang labil, cenderung ingin melukai diri sendiri, hingga sulit berinteraksi dengan orang lain, hal ini dikarenakan penderita gangguan kepribadian ambang sering dianggap memiliki kepribadian yang buruk di lingkungan atau bahkan di keluarganya.

Anak-anak yang sering diabaikan atau mereka yang pernah mengalami tindakan pelecehan atau tindak kekerasan berpotensi mengalami gangguan kepribadian ambang. Namun hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab munculnya gangguan ini. Para ahli yakin bahwa faktor genetik, sosial dan psikologis seperti riwayat kekerasan atau pelecehan yang dialami di masa kecil berkaitan dengan terjadinya gangguan ini. Gangguan ini akan semakin parah jika dibarengi dengan gangguan neurologis lain seperti cemas, depresi, penyalahgunaan narkoba dan suasana hati yang terganggu.

hipnoterapi online

Gangguan kepribadian ambang ditandai dengan gangguan pemahaman identitas, impulsif atau tidak berpikir panjang, emosi yang intens dan sulit terkontrol, melakukan hal-hal yang membahayakan atau merusak dirinya sendiri, sulit berinteraksi dengan orang lain, depresi, cemas berlebihan, marah yang tidak pada tempatnya, sensitif terhadap penolakan atau kritik, hingga penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Apabila dibiarkan berkepanjangan, gangguan ini dapat menimbulkan berbagai komplikasi lain seperti:

  1.  Penyalahgunaan obat-obatan dan konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
  2. Gangguan kecemasan
  3. Gangguan pola makan
  4. Bipolar
  5. Post traumatic stress disorder (PTSD) atau stress pasca trauma
  6. Gangguan kepribadian
  7. Hilangnya hubungan baik dengan orang lain, baik itu teman, maupun pasangan
  8. Kehilangan pekerjaan atau sering berganti pekerjaan
  9. Terjebak dalam hubungan yang tidak sehat
  10. Kehilangan kesempatan dalam menyelesaikan pendidikan
  11. Mengalami sakit fisik karena kecenderungan membahayakan atau menyakiti diri sendiri
  12. Berisiko mengalami penyakit seksual menular, atau kecelakaan karena memiliki berpilaku yang impulsif
  13. Berpotensi terlibat dengan hukum hingga masuk penjara
  14. Adanya dorongan hingga percobaan bunuh diri

Gangguan kepribadian ambang dapat diatasi dengan kombinasi psikoterapi dan pengobatan farmakologi. Psikoterapi merupakan terapi pilihan, salah satu yag dapat digunakan yaitu terapi perilaku kognitif. Terapi ini akan membantu mengubah perilaku menyimpang dan kepercayaannya dengan melakukan identifikasi masalah pengidap.

Jika anda atau orang terdekat mengalami gangguan kepribadian ambang yang berkepanjangan, segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau terapis untuk mendapatkan solusi dengan tepat. Anda bisa membuat janji dengan terapis di www.hipnoterapi.id  jika terkendala jarak dan waktu, anda juga bisa mengikuti sesi terapi secara online jarak jauh, untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi WhatsApp berikut https://wa.me/message/4MZ2JVSFY74JH1 

 

 

*Sumber
halo doc dot com

konsultasi hipnoterapi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed